nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kronologi Kericuhan di Lapas Kesambi Cirebon

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Rabu 21 Maret 2018 18:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 21 525 1876065 ini-kronologi-kericuhan-di-lapas-kesambi-cirebon-QIcvo9iYIT.jpg Ilustrasi Lembaga Pemasyarakatan/Lapas (foto: Okezone)

CIREBON - Kepala Lapas Kelas I Cirebon, Heni Yuwono menuturkan awal kericuhan terjadi dari Blok A belakang tempat narapidana umum saat pihaknya melakukan razia handphone (HP).

"Kami melakukan razia, karena ada informasi bahwa diduga ada narapidana yang menggunakan handphone," tutur Heni, Rabu (21/3/2018).

(Baca Juga: Tak Terima Dirazia HP, Lapas Kesambi Cirebon Rusuh)

Menurutnya, jumlah narapidana di Lapas Kelas I Kesambi Cirebon pun melebihi kapasitas, sekarang jumlahnya mencapai 878 narapidana. Padahal, idealnya hanya 555 narapidana.

"Beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa, namun 3 atau 4 cctv rusak," katanya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, kericuhan terjadi sekira pukul 11.00 WIB. Saat itu, narapidana dikumpulkan di lapangan Lapas guna dilakukan razia handphone. Namun, tanpa penyebab yang jelas ratusan narapidana tersebut menolak untuk dirazia.

Mereka pun mengamuk melempari petugas dengan batu, petugas Lapas pun tak kuasa membendung amarah ratusan narapidana sehingga meminta bantuan aparat kepolisian setempat.

Akhirnya, kemarahan narapidana bisa diredam dengan bantuan dari pihak Kepolisian. Kasus ini pun masih dalam penanganan petugas Lapas untuk mengetahui penyebab pastinya.

(Baca Juga: Pasca-Kerusuhan, Personel TNI-Polri Siaga di Lapas Kesambi Cirebon)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini