Image

Wamenlu RI Dorong GNB Perkuat Tekanan terhadap Israel demi Palestina

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 08 April 2018 20:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 08 18 1883820 wamenlu-ri-dorong-gnb-perkuat-tekanan-terhadap-israel-demi-palestina-MkjDeMV6g9.jpg Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir, mendesak GNB untuk menekan Israel dengan kuat (Foto: Kemlu RI/Twitter)

BAKU – Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI, AM Fachir, mendorong agar Gerakan Non-Blok (GNB) menguatkan dukungan kepada Palestina. Dukungan tersebut amat penting untuk menekan Israel dengan kuat demi kepentingan Palestina.

“Perdamaian hanya dapat dicapai jika pihak-pihak yang terlibat memiliki tingkat dukungan yang sama. Diperlukan dukungan kuat untuk rakyat Palestina dan proses perdamaian, dan tekanan kuat terhadap Israel,” ujar Wamenlu AM Fachir dalam Pertemuan Tingkat Menteri Komite Palestina GNB di Baku, Azerbaijan, mengutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri, Minggu (8/4/2018).

Fachir juga meminta penegasan komitmen dari komite GNB untuk mendukung negara dan rakyat Palestina. Ia menambahkan, dukungan yang semakin kuat diperlukan di semua tahapan dalam upaya kemerdekaan Palestina.

Wamenlu Fachir menekankan perlunya kebersamaan GNB, termasuk dalam upaya internasional untuk pengakuan negara Palestina, mulai dari upaya seperti mengakui negara Palestina secara formal serta mendukung bergabungnya negara tersebut pada organisasi dan traktat internasional serta memberikan pelatihan di berbagai bidang dan dukungan secara ekonomi.

Mantan Duta Besar RI untuk Arab Saudi itu mengatakan, tekanan internasional terhadap Israel perlu untuk terus dilakukan. Dunia internasional, termasuk GNB, perlu mengecam penggunaan kekuatan yang berlebihan oleh tentara Israel terhadap warga sipil Palestina, dan mendorong hak asasi manusia (HAM).

Fachir menegaskan, dorongan dan tekanan tersebut harus didasarkan pada proses internasional yang kredibel dengan tujuan mengakhiri pendudukan, serta membuka jalan guna mewujudkan solusi dua negara, sesuai resolusi Majelis Umum PBB nomor 66/225 dan resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 2334.

BACA JUGA: Pekan Kedua Demonstrasi Gaza, Hampir 30 Warga Palestina Tewas Diterjang Peluru Israel

Sebagaimana diberitakan, sedikitnya 30 orang warga Palestina tewas dalam bentrokan dengan tentara Israel di perbatasan. Bentrokan terjadi dalam unjuk rasa besar-besaran warga Palestina di Jalur Gaza yang memasuki pekan kedua.

Israel berdalih para demonstran yang terbunuh adalah militan yang mencoba untuk menerobos pagar. Sebelumnya, militer Israel (IDF) sudah mengeluarkan peringatan akan menindak tegas siapa saja yang berusaha menerobos atau bahkan hanya sekedar mendekati pagar perbatasan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini