Image

Cawapres Pendamping Jokowi Ada di Tangan Megawati

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 06:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 337 1887537 cawapres-pendamping-jokowi-ada-di-tangan-megawati-qOKL3WnaRS.jpg Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: Okezone)

JAKARTA – Sebagai partai pengusung Joko Widodo, PDIP sudah menyiapkan nama sosok cawapres yang nantinya untuk menemani Jokowi di Pilpres 2019.

“Sudah sangat siap (menyerahkan nama calon wakil presiden),” kata Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan kepada Okezone, Senin (16/4/2018).

Hendrawan menuturkan, nama-nama prioritas yang akan diserahkan ke Jokowi sebagai calon pendampingnya, saat ini sudah berada di saku Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Nama-nama prioritas sudah ada di saku Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri),” paparnya.

Hendrawan menjelaskan, dalam proses mencari sosok calon orang nomor dua di Indonesia itu, partainya mensyaratkan beberapa kriteria.

Akan tetapi, mengenai kriteria Hendrawan tidak ingin merinci secara detail. Hal itu lantaran, kata dia, sudah menjadi kewenangan Megawati yang menentukan kriteria calon pendamping Jokowi itu.

“Di luar Ketum, yang beredar hanya nama-nama yang memenuhi kriteria umum,” ujarnya.

Dari sejumlah nama yang dikantongi, Megawati sudah memiliki sejumlah kalkulasi serta intuisi dalam menentukan cawapres pendamping Jokowi.

(Foto: Ist)

“Yang memenuhi kriteria khusus dan kriteria istimewa ada di tangan Ketum. Soalnya kalkukasi dan intuisi Ketum kan jauh di atas kami,” jelasnya.

(Baca Juga: Akbar Tandjung Pesimis Airlangga Berpeluang Maju sebagai Cawapres Jokowi)

Pada Pilpres 2019, setidaknya Nasdem, PDIP, Golkar, Hanura, PPP dan Perindo sudah menyatakan dukungannya kepada Jokowi untuk kembali maju di Pilpres 2019.

Belakangan, partai lainnya seperti PKPI, PKB juga sudah menyatakan mendukung Jokowi. Namun, dalam dukungannya itu, PKB memiliki syarat Ketua Umum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019.

(Baca Juga: Survei Median, Jokowi Raih Elektabilitas 36,2% Ungguli Prabowo yang Hanya 20,4%) (erh)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini