Image

Soal Kemungkinan Demokrat dan PAN Dukung Jokowi, PDIP: Jangan Dipaksa-Paksa

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 07:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 337 1887542 soal-kemungkinan-demokrat-dan-pan-dukung-jokowi-pdip-jangan-dipaksa-paksa-Zuho19awHM.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sangat menyambut terbuka apabila Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) ikut bergabung dalam koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 nantinya.

“Kita hargailah sikap mereka,” ungkap Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan kepada Okezone, Selasa (17/4/2018).

Saat ini, Partai Demokrat dan PAN belum menentukan sikapnya di Pilpres 2019. Hendrawan menilai sikap kedua partai tersebut merupakan sebuah komunikasi politik di mana terdapat ruang negosiasi nantinya.

“Semua ini kan soal komunikasi politik dan ruang negosiasi,” paparnya.

Oleh karenanya, Hendrawan mengaku tidak ini terlalu memaksa partai besutan Zulkifli Hasan dan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut untuk segera bergabung menuju koalisi pendukung Jokowi di Pilpres 2019.

“Semua berusaha membangun posisi tawar. Tidak usah didorong-dorong atau dipaksa-paksa,” tandasnya.

(Baca Juga: Akbar Tandjung Pesimis Airlangga Berpeluang Maju sebagai Cawapres Jokowi)

Diketahui, sikap PAN dan Demokrat masih mengambang dalam menentukan sikap di Pilpres 2019. Hingga kini, kedua partai itu belum memberikan sinyal dukungan apa pun, baik kepada Jokowi dan Prabowo yang sudah deklarasi maju Pilpres 2019.

Belakangan, partai lainnya seperti PKPI dan PKB juga sudah menyatakan mendukung Jokowi. Namun, dalam dukungannya itu, PKB mensyaratkan Ketua Umum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapres pendamping Jokowi.

(Baca Juga: Survei Median, Jokowi Raih Elektabilitas 36,2% Ungguli Prabowo yang Hanya 20,4%)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini