Begini Proses Rekrutmen Jadi Anggota Pasutri Bertukar Pasangan di Malang

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 19:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 519 1887887 begini-proses-rekrutmen-jadi-anggota-pasutri-bertukar-pasangan-di-malang-b4jgAabgOn.jpg Pelaku tukar pasangan yang diamankan Polda Jatim. Foto Okezone/Syaiful Islam

SURABAYA – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) berhasil membongkar komunitas Sparkling, yakni komunitas pasangan suami istri yang melakukan hubungan seksual dengan bertukar pasangan.

Kelompok ini sudah sejak 2013 ini mempunyai anggota sebanyak 48 pasangan dan berasal dari Jatim dan luar Jatim.

Untuk menjadi anggota Sparkling para calon anggota harus menyerahkan foto copy surat nikah. Proses rekrutmen dilakukan oleh tersangka THD (51).

Tersangka THD merekrut anggota melalui Facebook. Setelah kenal, calon anggota akan bergabung kedalam grup WhatsApp Sparkling. Kemudian calon anggota harus menyerahkan foto copy surat nikah. Jika tidak bisa menyerahkan, maka akan gagal menjadi anggota sparkling.

"Selanjutnya mereka melakukan perkenalan di grup. Lalu janjian dan pesta seks dengan bertukar pasangan," terang Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Yudhistira Midyahwan, Selasa (17/4/2018).

Yudhistira mengungkap, para anggota kerap bertukar pasangan dengan cara selalu berpindah-pindah. Salah satunya di villa yang ada di Tretes, Pasuruan. Motif mereka melakukan tukar pasangan untuk berhubungan intim hanya sekedar fantasi seks, tidak ada faktor ekonomi dan ritual kepercayaan.

Para anggota terangsang ketika melihat istri sahnya disetubuhi orang lain. Rata-rata mereka yang menjadi anggota grup Sparkling berusia antara 29-60 tahun.

"Dalam kasus ini, kami menetapkan THD sebagai tersangka karena sebagai inisiator dan dijerat dengan pasal 296 KUHP," tandas Yudhistira.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan tiga pasutri, yakni THD (53) dan istrinya RL (49), warga Keputih, Surabaya. WH (51) dan istrinya AG (30) warga Lawang, Malang. Terakhir SS (47) beserta istrinya DS (29) warga Lawang.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini