Lembaga Penegak Hukum Perlu Bersinergi Terkait Justice Collaborator

Agregasi Sindonews.com, · Jum'at 20 April 2018 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 20 519 1889456 lembaga-penegak-hukum-perlu-bersinergi-terkait-justice-collaborator-3Tvp52KecY.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

SURABAYA - Rapat koordiansi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dengan lembaga lain yang membahas soal justice collaborator menuai apresiasi. Praktisi hukum, M Arief Sulaiman menilai justice collaborator bagi tersangka atau terdakwa, sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Pasalnya, banyak saksi-saksi yang ingin menyampaikan sebuah tindak pidana merasa takut dan cemas terhadap bahaya dari informasi yang diberikan. Ia berharap rakor tersebut tidak hanya sebatas seremonial, namun juga menciptakan koordinasi yang baik antarlembaga hukum demi memberi perlindungan hukum, baik kepada saksi maupun korban.

(Baca juga: Pentingnya Perlindungan pada Justice Collabolator)

"Untuk itu saya berharap ke depan ada sinergisitas antarlembaga dalam memberikan justice collaborator karena banyak terjadi kontradiktif antarlembaga yang mengakibatkan hak-hak dari pemberi informasi justru terabaikan. Seharusnya Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 sudah cukup jelas mengamanatkan hak dan kewajiban bagi penerima justice collaborator," ujarnya, Jumat (20/4/2018).

(Baca juga: Ketua LPSK Singgung Pentingnya Keadilan dalam Negara Demokrasi)

Arief menambahkan, dirinya kerap menemukan permasalahan untuk mengajukan justice collaborator. Semua penegak hukum lanjutnya, diharapkan saling bekerja sama agar masyarakat memeroleh keadilan dan hak-haknya sesuai amanat Undang-undang. Kinerja LPSK kata dia, saat ini sudah baik, hanya tinggal disempurnakan implementasinya.

"Saya secara pribadi mendukung penuh LPSK karena dengan LPSK banyak dari tersangka atau terdakwa yang telah memberikan informasi mendapatkan hak-haknya seperti hukuman ringan dan keadilan dalam peradilan. Sangat perlu adanya koordinasi antarlembaga penegak hukum," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini