nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

CFD di Jakarta Ditiadakan saat Libur Panjang Lebaran

Badriyanto, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 11:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 05 338 1906704 cfd-di-jakarta-ditiadakan-saat-libur-panjang-lebaran-JQ1H2V8npk.jpg CFD saat Ramadan di Jakarta terpantau sepi. (Foto: Antara)

JAKARTA - Polda Metro Jaya resmi meniadakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) saat menjelang dan beberapa hari pasca-Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah. CFD yang biasanya ada di lima wilayah di Jakarta tersebut ditiadakan karena personel polisi akan fokus mengamankan arus mudik dan balik lebaran.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menyampaikan, CFD resmi ditiadakan pada Minggu 10 Juni atau beberapa hari sebelum lebaran, kemudian dua pekan setelah lebaran Idul Fitri yakni tanggal 17 dan 24 Juni 2018.

CFD saat Ramadan terpantau sepi. Foto: Antara

"Pertimbangannya karena para personel dan stakeholder, berkonsentrasi untuk pelaksanaaan pengamanan mudik dan arus balik lebaran serta kegiatan masyarakat lainnya," kata Budiyanto kepada wartawan, Selasa (5/6/2018).

Budiyanto menjelaskan, peniadaan CFD itu sudah sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 tahun 2016 Pasal 5 Ayat 1 tentang Pelaksanaan HBKB/CFD dapat dibatalkan jika pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan even yang bersifat khusus, memerlukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan khusus.

CFD saat Ramadan terpantau sepi. Foto: Antara

Polisi juga memprediksi pada tanggal tersebut tidak banyak masyarakat yang memanfaatkan CFD karena sudah masuk libur dan cuti bersama Idhul Fitri 2018. Guna efektivitas dan efesiensi maka pelaksanaan CFD ditiadakan.

"Hasil evsluasi, selama Ramadan masyarakat yang memanfaatkan HBKP jauh menurun, dan tanggal 10 Juni 2018 merupakan awal dari libur dan cuti bersama," pungkas Budiyanto.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini