nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Italia Butuh Banyak Imigran Pekerja untuk Bayar Pensiun Penduduk

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 09:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 05 18 1918147 italia-butuh-banyak-imigran-pekerja-untuk-bayar-pensiun-penduduk-LrvJm1euB0.jpg Mendagri Italia Matteo Salvini. (Foto: Reuters)

KEPALA Jaminan Sosial Italia Tito Boeri mengatakan negaranya membutuhkan lebih banyak imigran pekerja untuk membayar pensiun penduduk. Namun ternyata, pernyataan ini menuai kemarahan Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini yang berasal dari "sayap kanan".

"Jika imigran dikurangi sampai nol, kita akan kehilangan 700 ribu orang di bawah usia 34 tahun dalam satu masa kerja parlemen," ujar Salvini kepada majelis rendah parlemen, Kamis (5/7/2018).

Dengan salah satu tingkat kelahiran terendah di Eropa, Italia mengalami penurunan demografi. Boeri menambahkan, ekonomi Italia membutuhkan tenaga kerja imigran untuk melakukan pekerjaan kasar yang tidak dilakukan orang Italia.

Namun, komentarnya menuai kecaman dari Salvini yang berjanji mengurangi imigran secara drastis dan mempercepat deportasi imigran ilegal.

Boeri juga menentang usulan reformasi pensiun dari pemerintahan baru yang prorakyat yang akan memungkinkan orang Italia pensiun lebih dini.

Menurut dia, rencana baru itu akan menelan biaya 18 dan 20 miliar euro per tahun. Ia menyarankan akan lebih baik melonggarkan undang-undang pensiun yang lama –yang telah secara signifikan menaikkan usia pensiun– dan ingin dihapus oleh pemerintahan baru.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini