Presiden Jokowi Akan Buka Rakernas XI Apkasi di Tangerang

Hambali, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 07:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 06 337 1918631 presiden-jokowi-akan-buka-rakernas-xi-apkasi-di-tangerang-H8kGlw5FCo.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

TANGERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke XI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (Apkasi) di ICE BSD, Jalan BSD Grand Boulevard Raya, BSD City, Tangerang, Jumat 6 Juli 2018, pagi.

Rakernas sendiri akan dikemas dalam bentuk "Apkasi Otonomi Expo 2018 : Trade, Tourism and Investment". Kegiatan itu akan berlangsung hingga tanggal 8 Juli 2018. Diperkirakan jumlah peserta dan pengunjungnya akan mencapai sekira 10 ribu orang.

Informasi yang dihimpun Okezone, Apkasi Otonomi Expo 2018 akan diikuti oleh Pemerintah Kabupaten, Kota, Provinsi, Kementerian, Lembaga Negara Non Kementerian, BUMN, perusahaan swasta nasional dan multinasional, atase perdagangan luar negeri dan para pelaku usaha serta industri kecil menengah.

Rangkaian acaranya akan diisi oleh berbagai stand pameran dan bisnis. Selain itu, ada pula pagelaran Semiloka peningkatan kapasitas terkait dengan peningkatan perdagangan dan investasi. Nantinya topik-topik yang akan dibahas disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan para pelaku usaha.

 Jokowi

Sebagaimana diketahui, Apkasi dideklarasikan pada tanggal 30 Mei 2000. Ketika itu, 26 Bupati dari 26 Provinsi yang hadir. Keanggotaannya menganut sistem Stelsel Pasif, yang bermakna jika seluruh Pemerintah Kabupaten di Indonesia secara otomatis menjadi anggota Apkasi.

Saat ini tercatat ada 416 Pemerintah Kabupaten di Indonesia yang aktif dibawah naungan Apkasi. Struktur organisasinya sendiri saat ini diketuai oleh Mardani H Maming yang merupakan Bupati Tanah Bumbu.

Sesuai dasar pembentukannya, Apkasi memiliki tugas pokok sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi Pemerintah Kabupaten dengan pemerintah pusat serta instansi lainnya sesuai hakekat otonomi daerah.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini