nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saingi Galaxy S9+, Honor 10 Tampil dengan Desain Menarik dan Harga Lebih Murah

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 11:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 08 1 1933407 saingi-galaxy-s9-honor-10-tampil-dengan-desain-menarik-dan-harga-lebih-murah-GHVsJRTdve.jpg Honor 10 (Foto: phonearena)

PRODUSEN smartphone terus meluncurkan perangkat terbaru besutan mereka, yang memiliki fitur maupun spesifikasi unggulan. Tidak hanya soal spesifikasi hardware, tetapi produsen ponsel juga memperhatikan estetika yang terkait dengan desain ponsel yang diusung.

Salah satu produsen ponsel, Honor, baru-baru ini mengungkap kemunculan Honor 10. Perangkat terbaru ini hadir dengan desain Aurora Glass yang menjadi daya tarik tersendiri, yang membuat ponsel bisa memunculkan gradasi warna bodi yang mengagumkan.

Menampilkan layar 5,84 inci, Honor 10 memiliki ukuran layar yang tidak jauh berbeda dengan Galaxy S9 buatan Samsung. Honor 10 pun memiliki fitur dual kamera yang juga dimiliki oleh Galaxy S9+.

Baik Honor 10 maupun Galaxy S9 dan Galaxy S9+ juga berjalan dengan sistem operasi Android Oreo. Smartphone-smartphone tersebut boleh jadi memiliki kedekatan di beberapa poin spesifikasi dan juga memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli.

Desain

 

Dari sisi desain, Honor 10 muncul dengan layar 5,84 inci dengan resolusi 1.080 x 2.280 piksel. Terdapat fitur notch pada bagian muka ponsel dan Anda mungkin terkejut bahwa Honor ternyata menyuguhkan opsi untuk meniadakan notch tersebut.

Pada bagian notch atau poni ini, Honor 10 menyematkan kamera tunggal 24MP dengan bukaan f/2.0. Berbeda dengan Galaxy S9+ yang memiliki tampilan depan tanpa notch, tetapi masih menyisakan bezel agak tebal di bagian atas layar.

Galaxy S9+ juga meletakkan kamera selfie di bagian atas layar, dengan kekuatan tembak 8MP. Pada poin ini, Honor 10 tampaknya cukup unggul dengan kekuatan tembak kamera depan 24MP yang juga didukung dengan fitur AR, untuk menghasilkan foto yang menarik.

Sementara di bagian punggung ponsel, Honor 10 menawarkan Aurora Glass yang terdiri dari 15 lapisan warna yang berkilauan dan memukau agar bodi ponsel terlihat lebih cantik sekaligus menampilkan kesan mewah. Gradasi warna yang muncul memperlihatkan keunikan tersendiri dan memperkaya kekuatan pada desain yang dimiliki Honor 10.

Sedangkan Galaxy S9+ tampil dengan warna yang lebih solid di bagian belakang ponsel. Walau tampil dengan gaya yang standar pada Galaxy S9+, perangkat tetap menawarkan kecanggihan karena terdapat dual camera di bagian belakang berkekuatan 12MP + 12MP serta sensor sidik jari di bagian bawahnya.

Honor 10 mengusung kamera ganda di bagian belakang dengan kemampuan jepret 16MP + 24 MP, yang dilengkapi dengan fitur LED flash serta teknologi AI Camera, untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam dan berkualitas. Tidak hanya itu saja, fitur AI Camera mampu mengenali objek dalam 500 skenario untuk 22 kategori secara real-time.

Honor 10 tak menaruh sensor sidik jari di bagian belakang, melainkan di bagian bawah layar depan. Honor menyebut sensor sidik jari mereka dengan nama Ultrasonic Fingerprint, di mana fitur ini memungkinkan sensor ditanam di bawah kaca dan memungkinkan ponsel untuk dapat dibuka secara cepat, bahkan dengan jari yang basah sekalipun.

Performa

Performa Honor 10 bisa diketahui melalui pengujian aplikasi benchmark. Benchmark yang dipakai yakni AnTuTu. Pada saat diuji dengan aplikasi AnTuTu, Honor 10 menunjukkan skor 203.131.

 

Sementara S9+, dari tes benchmark AnTuTu yang dilakukan, perangkat ini berhasil menembus angka 249.821. Meskipun terdapat perbedaan dari sisi skor benchmark AnTuTu, namun Honor 10 tetap sanggup melahap berbagai macam game Android, termasuk game Mobile Legends dan PUBG.

Okezone sempat memainkan game 3D di Honor 10. Untuk game Mobile Legends bisa berjalan dengan sangat lancar, bahkan saat pertempuran terlihat cukup sengit dalam satu frame atau layar, handset tetap dapat menampilkan gambar yang mulus.

Saat pengaturan grafis dalam posisi tinggi, game Mobile Legends tetap dapat dimainkan dengan lancar.

Kamera

Ponsel terkini dengan dual kamera tampaknya menjawab keinginan pengguna untuk dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh. Setiap ponsel yang memiliki kamera ganda, umumnya dapat mengambil gambar dengan efek tersebut.

Hal ini seperti yang dapat dilakukan Galaxy S9+ dan juga Honor 10. Pada Galaxy S9+, hasil bokeh yang didapatkan sangat rapi, meski terdapat beberapa objek di satu frame dan juga kemampuan kamera untuk menangkap video slow motion.

Honor 10 pun dapat menghasilkan foto bokeh serta menampilkan teknologi AI Camera untuk menghasilkan foto terbaik. Salah satu fitur andalan yakni AR lens, memungkinkan pengguna menyematkan efek atau background untuk menghasilkan foto yang menarik. Fitur lainnya termasuk Aperture, Portrait, Pro, Night Shot, Slow-mo dan beragam fitur lainnya yang mampu membuat jepretan terlihat seperti hasil kamera profesional.

Kecanggihan lain yang dimiliki kamera Honor 10 adalah dapat menangkap gambar dengan fitur zoom hingga 10x dengan kualitas gambar tetap terlihat jelas.

Kesimpulan

Kedua ponsel, baik Honor 10 dan Samsung Galaxy S9+ memiliki keunggulan yang bisa menarik perhatian konsumen. Honor 10 memiliki kekuatan spesifikasi yang tidak kalah dengan ponsel kompetitor, termasuk Galaxy S9+.

Fitur-fitur unggulan seperti dual camera, sensor sidik jari, AI Camera hingga desain menawan boleh jadi dimiliki oleh Honor 10 yang dibanderol dengan harga yang lebih rendah ketimbang ponsel flagship seperti Galaxy S9+.

Pada saat diumumkan Maret 2018, Galaxy S9+ dibanderol sekira Rp12,999 juta hingga Rp14,499 juta. Angka tersebut terbilang tinggi dibandingkan ponsel Honor 10 yang memiliki spesifikasi dan fitur yang tidak kalah, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Honor 10 dengan harga Rp6,99 juta mengusung pilihan warna midnight black, phantom blue, dan phantom green.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini