nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dirayu via Tinder, Staf Angkatan Udara Inggris Bocorkan Rahasia Jet Tempur Tercanggih AS

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 09 Agustus 2018 16:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 09 18 1934168 dirayu-via-tinder-staf-angkatan-udara-inggris-bocorkan-rahasia-jet-tempur-tercanggih-as-hbYAW9aHnl.jpg F-35 Lightning II (Foto: Rennett Stowe/F-35)

LONDON – Seorang pegawai angkatan udara Inggris (RAF) dilaporkan telah membocorkan rahasia dari jet tempur buatan Amerika Serikat, F-35 setelah dirayu oleh seseorang yang menyamar sebagai staf wanita RAF di aplikasi kencan, Tinder. Insiden tersebut terjadi hanya beberapa pekan setelah jet tempur generasi kelima AS itu mulai digunakan.

Menurut laporan dari Daily Mail, pelaku yang identitasnya belum diketahui, meretas profil Tinder seorang staf wanita RAF dan merayu seorang anggota kru yang bekerja dalam proyek F-35 untuk membagi informasi mengenai jet tempur AS itu. Belum jelas apakah pelaku memiliki hubungan dengan pihak asing atau tidak.

BACA JUGA: Fakta Menarik Tentang F-35, Jet Tempur Siluman Canggih Milik AS

Perempuan yang akunnya diretas segera melaporkan insiden ini, mendorong dilakukannya penyelidikan lebih lanjut. Menyusul insiden ini, RAF segera mengumumkan memo untuk mengingatkan para stafnya akan bahaya rekayasa sosial untuk mendapatkan informasi.

“Untungnya, hanya sedikit informasi yang diungkapkan dan individu yang akunnya diretas melaporkan masalah ini dengan tepat... Namun demikian, insiden ini berfungsi untuk menyoroti risiko rekayasa sosial dan pengintaian daring terhadap profil media sosial yang mengungkapkan hubungannya dengan Pasukan HM,” demikian isi memo tersebut sebagaimana dilansir Sputnik, Kamis (9/8/2018).

BACA JUGA: Jet Tempur Inggris "Takut" Petir

Laporan Daily Mail menyebutkan, insiden ini terjadi hanya beberapa pekan setelah empat pesawat F-35 dikirim ke pangkalan udara RAF di Norfolk, Inggris.

Jet tempur F-35 dianggap sebagai salah satu proyek persenjataan termahal sepanjang sejarah dengan biaya yang dihabiskan mencapai lebih dari USD400 miliar. Militer Inggris berencana membeli 138 jet F-35 dengan harga setiap unitnya sekira USD120 juta.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini