nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Besok Dilantik Jadi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil: Mohon Maaf Lahir Batin Warga Bandung

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 04 September 2018 15:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 04 525 1945853 besok-dilantik-jadi-gubernur-jabar-ridwan-kamil-mohon-maaf-lahir-batin-warga-bandung-3HG0qGMczC.jpg Ridwan Kamil (foto: Okezone)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil, menyatakan besok, Rabu 5 September 2018 bakal dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara,‎ Jakarta.

"Sekitar sejam yang lalu dapat kabar dari Dirjen Otonomi Daerah setelah berkordinasi dengan Istana ternyata saya masuk ke pelantikan besok jam 10 pagi," kata Emil sapaan Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (4/9/2018).

Hari ini, Emil bakalan langsung bertolak ke Jakarta, guna mempersiapkan pelantikannya. Di hari terkahirnya menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Emil memohon maaf terhadap warga Kota Bandung.

"Tentulah karena ini agak dadakan mungkin nanti sedikit perpisahan dengan ASN, saya atur waktu dengan baik. Saya pesen di hari terakhir ini, saya mohon maaf lahir batin khususnya kepada warga Bandung jika selama 5 tahun tentulah saya ada kekurangan ada kekhilafan. Tapi percayalah 5 tahun saya bekerja keras siang malam‎," ungkap Emil.

Selama lima tahun menjabat, Emil mengklaim jika dirinya bersama dengan Pemerintah Kota Bandung telah mendapatkan ratusan pengharagaan dari berbagai hal. Namun begitu, dari kesuksesannya, Emil tidak menampik masih banyak kekurangan dari berbagai sektor saat dirinya menjadi Wali Kota Bandung.

‎"Tapi kekurangan masih ada dan khusus untuk warga kota Bandung jangan khawatir saya akan menolong warga Bandung dengan cara baru kan. Kalau dulu dengan cara Wali Kota Bandung kalau sekarang dengan cara Gubernur Jabar," terangnya.

Meski tengah dalam proses penyembuhan, sang istri Athalia Kamil, bakal turut datang di hari pelantikan bersama dengan anak dan kedua orangtuanya.

"Istri saya masih sakit mungkin kita pakai cara pakai kursi roda atau apalah di bawa karena tidak mungkin tidak menghadiri pelantikan paling penting dalam hidup saya di Istana Negara," jelasnya.

Emil sedikit mengungkap soal tidak adanya niatanya baik menjadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar. Namun semua itu berbalik pada tahun 2013 lampau. Saat itu, dirinya bertekad bakal memberikan yang terbaik dengan apa jabatan yang dimiliki.

"Yang paling membahagiakan melihat rakyat Bandung sekarang bahagia dari tiap ketemu cara berinteraksi sampai di survei mengkonfirmasi warga Bandung ini warga paling bahagia di Indonesia. Bagi saya itu saja," jelasnya.

Emil pun menegaskan, warga Bandung tak perlu risau dengan berbagai permasalah yang masih belum bisa diselesaikannya. Dia mengaku, bakal terus diselesaika dengan saat menjabat sebagai Gubernur Jabar.

"Dan jangan khawatir tadi, InsyaAllah saya bantu urusan Bandung (yang) tidak selesai oleh Wali Kota seperti banjir transportasi melalui level Gubernur‎," sambungnya.

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul (foto: Okezone) Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul (foto: Okezone)

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum akan dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat pada Rabu 5 September 2018 di Istana Negara yang akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Informasi itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, di waktu yang sama.

"Kepastian pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jabar terpilih akan dilakukan besok. Informasinya seperti itu," kata Iwa.

Pernyataan itu didasarkan pada radiogram Menteri Dalam Negeri yang bersifat segera bernomor T.121/7055/OTDA tertanggal 4 September 2018, pelantikan kepala daerah besok akan dilangsungkan di Istana Negara pukul 09.00 Rabu 5 September 2018.

Iwa mengungkapkan, Informasi ini disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno kepada Ridwan Kamil. Saat itu pun Iwa mengaku berada di Rumah Dinas Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bandung untuk mengabarkan hal yang sama.

Dalam pelantikan nanti, sedikitnya ada 9 gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gubernur Papua, dan Sumatera Utara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini