nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ungkap Jadi Negara Bahagia di Dunia, Jokowi Ajak Delegasi IMF-WB Dengarkan Dangdut

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 03:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 337 1962923 ungkap-jadi-negara-bahagia-di-dunia-jokowi-ajak-delegasi-imf-wb-dengarkan-dangdut-WscROFz2eU.jpg Acara ASEAN Leaders Gathering 2018 di Bali. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus memberikan sambutan dalam forum Tri Hita Karana di sela rangkaian pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 di Bali. Forum tersebut digelar untuk membicarakan segala hal yang berkaitan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs).

SDGs yang dicanangkan oleh PBB pada 25 September 2015 memang berupaya untuk membawa kebahagiaan bagi masyarakat di seluruh dunia. Kebahagiaan tersebut didapat melalui upaya mengurangi kemiskinan, meningkatkan akses kepada pendidikan, pembangunan infrastruktur yang tangguh, perlindungan lingkungan, dan sejumlah upaya lainnya.

Dalam sambutannya, Jokowi mengajukan sebuah pertanyaan kepada para peserta forum. Ia bertanya, apakah para delegasi dari berbagai negara itu merasakan berbahagia selama berada di Pulau Dewata.

Pasalnya, berdasarkan survei yang dilakukan Organisasi Gallup International, Indonesia berada di urutan kedelapan negara yang masyarakatnya paling bahagia di dunia.

(Baca juga: Presiden Jokowi Ingatkan Regulasi Tak Boleh Hambat Inovasi)

"Kami di Indonesia mungkin dapat berbagi beberapa pandangan kepada seluruh dunia. Sebuah survei tahun lalu oleh Organisasi Gallup International dan dipublikasikan pada awal tahun ini menempatkan Indonesia di peringkat kedelapan masyarakat paling bahagia di dunia," jelas Jokowi, berdasarkan dari keterangan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, di Sofitel, Nusa Dua, Bali, Kamis 11 Oktober 2018.

Survei yang sama bahkan menempatkan masyarakat Indonesia sebagai yang paling optimistis di tahun 2018.

"Namun, apabila apa yang Anda cari adalah kebahagiaan, maka Anda datang ke tempat yang tepat: Indonesia. Mungkin kami bukanlah yang paling kaya, mungkin kami bukanlah yang paling maju, namun ternyata kami termasuk orang-orang yang paling bahagia di dunia," tutur Jokowi.

Kepala Negara kemudian melontarkan pertanyaan kepada peserta forum. Apakah yang membuat masyarakat Indonesia bahagia?

"Inilah pekerjaan rumah yang harus Anda cari tahu dan kerjakan minggu ini selama berada di Indonesia. Mungkin Anda dapat berjalan-jalan ke beberapa tempat di Indonesia dan menghabiskan uang dolar Anda sebagai turis untuk mencari tahu," sambung Jokowi yang langsung disambut tawa dan tepuk tangan peserta forum.

(Baca juga: Jokowi Sampaikan 5 Usulan di ASEAN Leaders Gathering 2018)

Di sisi lain, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyarankan satu hal kepada para peserta forum yang nantinya berjalan-jalan di beberapa tempat di Indonesia. Ia pun mengajak agar para peserta forum itu mulai mendengarkan musik dangdut Indonesia.

"Dangdut merupakan salah satu musik paling menyenangkan di dunia. Bahkan, saya baru baru ini tertangkap kamera terjangkit musik dangdut Indonesia," tandasnya sambil menunjukkan tayangan saat Presiden bergoyang dayung saat pembukaan Asian Games 2018.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini