nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Padamkan Karhutla di Sumsel, Jutaan Liter Air Disembur dari Helikopter

Antara, Jurnalis · Senin 05 November 2018 11:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 05 610 1973388 padamkan-karhutla-di-sumsel-jutaan-liter-air-disembur-dari-helikopter-plnoLPiKg3.jpg

PALEMBANG - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Iriansyah membenarkan, bahwa sejak satuan tugas pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dibentuk pada Februari hingga berakhir Oktober 2018 telah menyiramkan jutaan liter air menggunakan helikopter untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

Pemadaman titik api dilakukan menggunakan pesawat helikopter yang menjatuhkan sekitar 103 juta liter air. Menurutnya, areal hutan di Sumatera Selatan cukup luas sehingga terkadang titik api dan kebakaran lahan sulit terjangkau melalui operasi darat, maka penyiraman dilakukan melalui udara.

Selama menjalankan tugas sejak Februari lalu, titik api terbanyak muncul di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin dan Musi Banyuasin yang areal hutannya masih cukup luas.

Selain itu di daerah tersebut banyak lahan gambut sehingga bila terjadi kebakaran sulit untuk dipadamkan, kata dia. Sejak terbentuknya satuan tugas pencegahan kebakaran hutan dan lahan pada 2018 ini Sumsel terhindar kabut asap yang tebal.

Bahkan, saat pelaksaan Asian Games 2018 pada Agustus lalu daerah ini terhindar kabut asap sehingga pelaksanaan pesta olahraga internasional tersebut berlangsung sukses. Memang, lanjut dia, beberapa waktu lalu ada dua hari Palembang dilanda kabut asap yang tipis dan itu tidak terlalu berpengaruh.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini