nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Rumah di Sidoarjo Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Antara, Jurnalis · Senin 19 November 2018 19:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 19 519 1980008 11-rumah-di-sidoarjo-rusak-diterjang-angin-puting-beliung-QkEHe3rUcM.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

SIDOARJO - Sebanyak 11 rumah warga Desa Kepunten, Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung, Senin (19/11/2018) sore.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, Dwijo Prawito, mengatakan, kerusakan rumah akibat terjangan angin puting beliung yang ada di wilayah itu tergolong ringan.

"Saat ini, anggota sedang berada di lapangan untuk melakukan proses evakuasi dan juga mendata kerusakan yang dialami oleh masyarakat setempat," katanya.

(Baca Juga: Ratusan Rumah di Situbondo Rusak Diterjang Puting Beliung dan Hujan Es)

Ilustrasi puting beliung

Menurutnya, pihaknya mendapatkan laporan kalau beberapa rumah di desa desa tersebut mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang.

"Kami mendapatkan laporan kalau kejadian angin kencang itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB dan anggota langsung meluncur ke lokasi kejadian dengan membawa terpal. Terpal yang dibawa oleh anggota itu nantinya digunakan untuk membantu masyarakat yang memerlukan," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga mendapatkan laporan kalau beberapa rumah di Desa Kajeksan, Kecamatan Tulangan juga mengalami kerusakan serta beberapa pohon tumbang akibat angin kencang.

"Tetapi kami belum mendapatkan data pastinya mengingat anggota masih melakukan pendataan di lokasi," ujarnya.

(Baca Juga: 6 Rumah di Bali Rusak Akibat Diterjang Puting Beliung)

Dirinya memastikan kalau akibat kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya beberapa rumah yang mengalami kerusakan ringan. "Oleh karena itu, kami meminta kepada masyarakat supaya lebih waspada saat pergantian musim seperti sekarang ini. Termasuk menghindari berteduh di bawah pohon saat hujan datang," ujarnya.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Ajun Komisaris Besar Polisi Zain Dwi mengatakan akan melakukan pengecekan di lokasi kejadian angin kencang. "Kami sedang meluncur ke lokasi Tulangan untuk memastikan kejadian tersebut," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini