nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Diberi Gelar Raja Balaq oleh Masyarakat Komering, Iriana Jadi Ratu Indoman

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 25 November 2018 11:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 25 610 1982441 jokowi-diberi-gelar-raja-balaq-oleh-masyarakat-komering-iriana-jadi-ratu-indoman-PptNdymR0W.jpeg Penganugerahan gelar adat Komering ke Presiden Jokowi di Palembang, Sumatera Selatan (Fakhri/Okezone)

PALEMBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi gelar Raja Balaq Mangkunegara oleh masyarakat adat Komering, Sumatera Selatan. Sedangkan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo digelari Ratu Indoman.

Raja Balak Mangkunegara berarti Agung yang memegang kekuasaan tertinggi negara Republik Indonesia. Sementara, Ratu Indoman berarti ibunda yang memberikan perlindungan kepada masyarakat dan pengayom rakyat yang tak lepas dari sopan santun.

Pemberian gelar adat tersebut berlangsung di Griya Agung, Kota Palembang, Minggu (25/11/2018). Jokowi mengenakan pakaian adat Komering lengkap dengan tanjak dan kain songket. Iriana juga tampil menawan dengan pakaian khas dari Tanah Sriwijaya itu.

Saat tiba di lokasi, Jokowi dan Iriana disambut dengan atraksi dua pendekar silat. Gelar adat ke Jokowi dan Iriana dinobatkan langsung oleh Pemangku Adat Majelis Tinggi Komering, Haji Romli. Selain gelar adat, Jokowi dan Iriana juga diberi kamus bahasa Komering.

Presiden Jokowi merasa terhormat mendapat gelar adat Komering. "Saya sangat menghargai sekali dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehormatan besar, atas gelar yang telah diberikan kepada saya dan ibu Iriana," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, pemberian gelar merupakan pesan dan harapan oleh masyarakat Sumsel kepada pemerintah yang harus disejahterakan.

"Ini sebagai pesan harapan dan tanggung jawab untuk selalu mengangkat derajat masyarakat adat Komering," ucapnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini