nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lepas Kepergian TNI, Warga di Perbatasan RI-Timor Leste Memeluk hingga Menangis

Neneng Hasanah, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 17:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 30 340 1985132 lepas-kepergian-tni-warga-di-perbatasan-ri-timor-leste-memeluk-hingga-menangis-sMcwYSkV7K.jpg Warga sangat sedih melepas kepergian prajurit TNI. (Foto: Facebook Eris Riswandi)

JAKARTA – Menjadi seorang anggota Tentara Negara Indonesia (TNI) tidaklah mudah. Sebab, tugas yang diemban berhubungan dengan keselamatan setiap warga negara. Tidak jarang, terkait tugas itu, para prajurit TNI dikirim hingga berbagai wilayah perbatasan. Mereka harus tinggal berbulan-bulan di sana dan jauh meninggalkan keluarga. Meski begitu, para prajurit akan bertemu keluarga baru di tempatnya berdinas.

Hal itulah yang dirasakan para anggota Batalion Infanteri 715 Motuliato. Mereka ditugaskan menjaga wilayah perbatasan Republik Indonesia-Timor Leste. Banyak dari mereka yang kemudian membangun kedekatan dengan masyarakat di daerah tersebut, hingga muncul keakraban dan tercipta rasa kekeluargaan.

Tak heran, suasana haru muncul ketika para anggota Batalion Infanteri 715 Motuliato berpamitan dengan warga setempat untuk pulang ke markasnya di Gorontalo, lantaran tugasnya telah usai.

Video perpisahan yang sangat sedih antara para prajurit dengan penduduk desa di sana pun menjadi viral di media sosial dan banyak dibahas warganet.

Sebagaimana disimak melalui akun Facebook Eris Riswandi, Jumat (30/11/2018), dalam video berdurasi 3 menit itu terlihat para anggota batalion menghampiri satu per satu rumah warga. Mereka memeluk orang-orang di sana, dan dibalas haru melalui tangisan di dada para prajurit berbadan kekar dan berbaju loreng itu.

Sambil berpamitan, para pemuda tersebut juga tak sungkan mencium pipi para bapak atau ibu di sana. Suasana semakin haru ketika seorang ibu memeluk salah satu anggota batalion hingga menangis tersedu-sedu.

Semua masyarakat, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, mengeluarkan air mata tanda perpisahan. Salah satu prajurit yang mengambil video tersebut mengatakan, "Ma, terima kasih banyak sudah menerima kami di sini ya."

Di akhir video, para prajurit yang sudah di dalam bus militer pun dilepas kepergiannya dengan tangis haru masyarakat. Hingga kini, video yang diunggah pada 28 November 2018 tersebut sudah ditonton sebanyak 52.267 kali serta menuai komentar haru dan bangga dari warganet.

"Begitulah suka-duka bila rakyat sudah mencintai TNI. Ada kisah sedih saat TNI kembali ke markas karena TNI adalah bagian dari rakyat," komentar Rockman Srikity.

"Perpisahan yang sangat banyak kenangan tuk buat hati terharu," tulis akun Ijar Ijar.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini