nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pegawai Wanita yang Bantu Napi Rutan Cipinang Kabur Ternyata Kekasihnya

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 11:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 10 338 1989079 pegawai-wanita-yang-bantu-napi-rutan-cipinang-kabur-ternyata-kekasihnya-AAy0HxRseJ.jpeg Ilustrasi rumah tahanan. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Seorang wanita pegawai Rumah Tahanan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, berinisial YH yang membantu narapidana kasus narkoba Muhammad Said Harahap kabur ternyata kekasihnya. Mereka sudah menjalin hubungan selama setahun lebih.

"Sudah satu tahun lebih berpacaran yang bersangkutan. (YH) baru pindah tugas dari Palembang," kata Kepala Rutan Cipinang Oga G Darmawan, Senin (10/12/2018).

(Baca juga: Pegawai Wanita yang Bantu Kabur Napi Rutan Cipinang Diserahkan ke Polda Metro)

Ia mengatakan, pihaknya baru mengetahui ada napi yang kabur setelah petugas menghitung ulang jumlah warga binaan pada Jumat 7 Desember 2019. Saat dihitung jumlahnya tidak sesuai atau berkurang satu orang.

"Ternyata pegawai kami terlibat dalam perlarian itu. Kami sudah serahkan semuanya ke polisi karena yang bersangkutan terbukti membatu narapidana melarikan diri," ungkapnya.

Hingga saat ini YH masih diperiksa secara intensif oleh petugas kepolisian guna mengetahui motif lain dalam membantu pelarian narapidana.

(Baca juga: Dibantu Pegawai Wanita, Begini Kronologi Napi Rutan Cipinang Kabur)

Sebelumnya Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kemenkumham, Ade Kusmanto, mengatakan YH mengakui telah membantu pelarian Muhammad Said dengan cara dimasukkan ke mobilnya. Aksi itu dikatakannya sudah direncanakan.

"Telah direncanakan satu bulan yang lalu," ungkap Ade.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini