nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

52 Ribu Warga Terdampak Erupsi Gunung Soputan Membutuhkan Masker

Subhan Sabu, Jurnalis · Minggu 16 Desember 2018 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 16 340 1992073 52-ribu-warga-terdampak-erupsi-gunung-soputan-membutuhkan-masker-MEDUtwQesf.jpg (Foto: Subhan/Okezone)

MITRA - Dampak erupsi Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kian meluas. Setelah sebelumnya hanya di tiga kecamatan kini meluas sampai ke enam kecamatan di Mitra.

Keenam kecamatan yang berdampak di antaranya Kecamatan Tombatu Utara, Tombatu Timur dan Kecamatan Pasan, sementara tiga kecamatan lainnya hanya berdampak ringan.

Foto: Subhan/Okezone

Sekira 52 ribu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Soputan sangat membutuhkan masker. Masker yang disiapkan oleh BPBD Mitra dan Dinas Kesehatan Mitra sebanyak 20 ribu tidak mencukupi bagi masyarakat di enam kecamatan yang berdampak.

"Yang kita hitung itu perkiraan 6 kecamatan itu ada 54 ribu jiwa," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Mitra, Erick Manoroinsong, Minggu (16/12/2018).

(Baca juga: Gunung Soputan Terus Menggeliat, Abu Tebal Kehitaman Menyembur)

Stock masker yang ada di Kabupaten Mitra menurut Erick hanya sekira 20 ribu masker dan itu sudah dibagikan semuanya. Untuk itu pihaknya masih terus mengupayakan pengadaan masker.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak BPBD Provinsi dan mereka dalam perjalanan menuju Minahasa Tenggara untuk memberikan tambahan masker, soal jumlahnya kami belum tahu," kata Erick.

Foto: Ist

Melihat jumlah penduduk dan luasan wilayah terdampak, idealnya setiap hari masyarakat membutuhkan satu buah masker, sehingga melihat jumlah kebutuhan, dibutuhkan sekitar 50-an ribu masker lagi.

"Itu kami hitung kalau erupsinya hanya sampai hari ini, sehingga kami kekurangan masker," pungkas Erick.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini