nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perahu Karam, 3 Nelayan Karawang Terombang-ambing di Laut

Mulyana, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 15:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 31 525 1998183 perahu-karam-3-nelayan-karawang-terombang-ambing-di-laut-bl8NVB33ca.jpg Foto Ilustrasi Okezone

KARAWANG - Gelombang besar disertai angin kencang, mulai menghantui perairan Pantai Utara (Pantura), Jawa Barat. Di Kabupaten Karawang, perahu nelayan mengalami karam akibat hempasan gelombang besar itu. Beruntung, tiga awak yang menumpangi perahu tersebut berhasil diselamatkan.

Mereka, berhasil diselamatkan petugas dari PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) yang saat itu tengah melakukan patroli. Mengingat, lokasi karamnya perahu mereka berada di area Lima Flow Stasion milik PHE ONWJ.

VP Relations PT Pertamina PHE ONWJ, Ifki Sukarya, menjelaskan, perahu nahas milik nelayan itu awalnya mengalami kebocoran setelah terhempas gelombang besar. Saat itu, jajarannya di lapangan mendapati perahu nelayan ini hampir karam.

"Perahu tersebut, ditumpangi tiga nelayan. Mereka merupakan melayan dari KUD Samidra Mulya, Desa Ciparage Jaya, Kecamatan Tempuran," ujar Ifki kepada wartawan.

nelayan

 (Baca juga: 15 Nelayan Aceh Masih Ditahan di Myanmar)

Ifki mengaku, saat ditemukan tiga nelayan tersebut tengah terombang ambing di lautan. Peristiwa ini, terjadi pekan kemarin. Adapun tiga nelayan dari perahu yang dinamai Sri Gampang itu, masing-masing, Tafsir, Eka dan Masud.

Ketiganya, sebelumnya telah mendapat pertolongan pertama oleh kapal Logindo Servewell Steadly yang merupakan support armada KP-1 PHE ONWJ. Kemudian, ketiga nelayan itu, dilakukan pemeriksaan kesehatannya. Lalu, dipindahkan ke kapal patroli Temanggung.

"Tim security kami juga, langsung berkoordinasi dengan Polairud Polres Karawang, untuk mengevakuasi nelayan tersebut ke daratan," ujarnya.

 (Baca juga: 16 Nelayan Dilaporkan Ditangkap di Perairan Thailand).

Ifki menambahkan, pihaknya akan mengintensifkan patroli di sepanjang perairan Karawang. Mengingat, saat ini cuaca sedang tidak bagus. Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, rawan terjadinya kecelakaan yang menimpa nelayan.

"Patroli ini, sebagai bentuk tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat," pungkasnya.

 nelayan

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini