nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Tersesat di Hutan Gunung Lawu, Guru SD Ini Ditemukan dalam Kondisi Lemas

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 18:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 02 512 1999094 sempat-tersesat-di-hutan-gunung-lawu-guru-sd-ini-ditemukan-dalam-kondisi-lemas-XOn6NvTz3Q.jpg Bambang Santoso, Guru SD yang Sempat Tersesat di Gunung Lawu (foto: Bramantyo/Okezone)

KARANGANYAR - Setelah sebelumnya dikabarkan tersesat di hutan Gunung Lawu, Bambang Santoso (55), guru olah raga SDN 1 Kutho, Kerjo, akhirnya berhasil ditemukan tim evakuasi gabungan.

Humas Basarnas Pos Surakarta Yohan Tri Anggoro mengatakan warga Randubener, Kutho, Kerjo, Karanganyar itu saat ditemukan berada di jalur trail yang letaknya sekitar 7 kilometer dari Posko Tambak desa Berjo, Ngargoyoso. Sepanjang pencarian korban, lokasi diguyur hujan deras.

(Baca Juga: Guru SDN 1 Kutho Karanganyar Tersesat di Kawasan Hutan Gunung Lawu) 

"Pada pukul 15.30 WIB, tim gabungan berhasil menemukan subjek berada di sekira 7 kilometer dari posko Tambak," jelas Yohan pada Okezone, Rabu (2/1/2019).

Bambang Santoso, Guru SD yang Sempat Tersesat di Gunung Lawu (foto: Bramantyo/Okezone)	Bambang Santoso, Guru SD yang Sempat Tersesat di Gunung Lawu (foto: Bramantyo/Okezone) 

Saat ditemukan, ungkap Yohan, subjek dalam keadaan sehat dan dalam kondisi sadar sepenuhnya. Hanya saja, Bambang saat ditemukan dalam keadaan lemas dan kedinginan. Pasalnya, saat pertama kali dikabarkan hilang, Bambang tidak membawa perlengkapan apapun, termasuk jas hujan. Hanya helm berwarna hitam yang biasa dipakai saat bersepeda saja yang masih digunakan Bambang di kepalanya.

"Selama proses pencarian subjek, hujan cukup deras dan korban ditemukan dalam keadaan lemas dan kedinginan. Helm sepeda warna hitam pun masih digunakan saat ditemukan," paparnya.

Setelah berhasil ditemukan, Bambang pun langsung dievakuasi di rumah penduduk terdekat untuk mendapatkan perawatan.

(Baca Juga: 40 Tahun Menghilang, Kakek di Lampung Akhirnya Bertemu Keluarga) 

Pencarian orang tersesat di gunung lawu. bramantyo	Pencarian Orang Tersesat di Gunung Lawu (foto: Bramantyo/Okezone)

Sebelumnya dikabarkan, Bambang tersesat di hutan lereng Lawu. Sebelum hilang kontak, Bambang sempat mengirimkan pesan via WhatsApp kepada salah satu rekannya dan mengabarkan jika dirinya tersesat dan tidak bisa keluar dari kawasan hutan.

Setelah mendapat pesan via WhatsApp, rekan Bambang itupun langsung melaporkannya pada petugas di Polsek Ngargoyoso dan tim relawan.

Pencarian pun langsung dilakukan tim SAR gabungan. Diantaranya Basarnas, anggota Polsek Ngargoyoso, MDMC, SAR UNS, SAR Karanganyar, Rendan, Reco, PMI dan beberapa relawan lain. (Bramantyo)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini