nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lessie Brown, Orang Tertua di AS Meninggal Dunia di Usia 114 Tahun

Thasyanur Azizah, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 14:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 09 18 2002017 lessie-brown-orang-tertua-di-as-meninggal-dunia-di-usia-114-tahun-6LTz3y3YDo.jpeg Foto: David Petkiewicz/The Plain Dealer via APP

CLEVELAND - Lessie Brown, seorang perempuan berusia 114 tahun asal Cleveland, Ohio yang diyakini sebagai orang tertua di Amerika Serikat (AS). Hingga akhirnya ia meninggal dunia pada Selasa 8 Januari 2019. Kabar duka itu disampaikan oleh cucu Lessie.

Berdasarkan keterangan cucu Lessie, Ronald Wilson yang diberitakan Associated Press Rabu (9/1/2019), Lessie tinggal bersama salah satu putrinya dan meninggal di sebuah rumah di wilayah Cleveland Heights.

Pada 2013, Lessie pernah mengatakan, bahwa hidupnya yang panjang adalah kehendak dari Tuhan. Keluarganya menghubungkan umur panjangnya dengan fakta bahwa Lessie kerap memakan ubi jalar hampir setiap hari sampai dia berusia lebih dari 100.

"Oh, aku tidak tahu. Banyak dari mereka mengatakan karena saya makan banyak ubi, tetapi saya tidak berpikir begitu. Saya tidak tahu, itu merupakan kuasa Tuhan," kata Lessie kepada WJW-TV saat merayakan ulang tahunnya yang ke-109.

Lessie lahir pada 22 September 1904 di Georgia dan dibesarkan di sebuah peternakan dekat Stockbridge, di luar Atlanta. Dia adalah salah satu anak dari 12 bersudara. Ketika berusia 18 tahun, ia dan keluarganya pindah ke Cleveland.

Dia menikah sekira empat tahun kemudian dan memiliki tiga anak perempuan juga dua anak laki-laki. Suaminya yang bernama Robert Brown meninggal pada 1991.

Berdasarkan laporan media lokal, pada 2015 lalu, Brown memiliki 24 cucu, 44 cicit, dan 26 anak cicit.

Dia menghadiri Gereja Emmanuel Baptist di wilayah Cleveland selama lebih dari 70 tahun.

Lessie dinobatkan sebagai orang tertua di Amerika setelah kematian Delphine Gibson, seorang perempuan asal Huntingdon, Pennsylvania yang berusia 114 tahun pada 9 Mei 2018.

Anak perempuan Lessie, Verline Wilson, mengatakan kepada Cleveland.com bahwa ibunya menjawab, "Itu berita bagus," ketika dia menyampaikan kabar status barunya itu.

Gelar tersebut diberikan langsung oleh Kelompok Penelitian Gerontologi, yang mengurusi persoalan peringkat supercentarian di dunia. Supercentenarian merupakan sebutan bagi orang-orang yang hidup lebih dari 110 tahun.

Belum diketahui siapa yang kini menjadi orang tertua di AS.

Sedangkan, orang tertua di dunia diyakini tinggal di pulau selatan Kyushu, Jepang bernama Kane Tanaka yang berusia 116 tahun, menurut Gerontology Research Group di Sandy Springs, Georgia.

Pemakaman Lessie akan diadakan di Gereja Emmanuel Baptist, tetapi pengaturannya belum selesai, kata Rhonda Pope, asisten administrasi gereja.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini