nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu RI: Diplomat Indonesia Harus Netral dan Profesional Hadapi Pemilu 2019

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 14:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 09 18 2002046 menlu-ri-diplomat-indonesia-harus-netral-dan-profesional-hadapi-pemilu-2019-LY0GqGmX6J.jpeg Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berpidato dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri RI 2019, 9 Januari 2019. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA – Para diplomat Indonesia diminta untuk bersikap netral dalam menghadapi pemilihan umum 2019 mendatang. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam pidatonya di depan jajaran kementerian luar negeri dan perwakilan asing di Jakarta, Rabu, 9 Januari.

“Memasuki tahun pemilu, saya tegaskan bahwa semua diplomat Indonesia harus bersikap netral dan menjunjung tinggi profesionalitas dalam bekerja,” kata Menlu Retno dalam pidatonya pada acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (PPTMRI) di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Retno juga meminta para diplomat dan perwakilan RI di luar negeri untuk bekerja, membantu menyukseskan pemilihan umum mendatang.

“Setiap suara rakyat Indonesia, termasuk warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, berharga dalam menentukan masa depan Indonesia,” lanjutnya.

Selain menyampaikan imbauan tersebut, Menlu Retno juga memaparkan pencapaian yang telah berhasil diraih oleh kementeriannya dalam empat tahun terakhir dalam berbagai bidang, terutama dalam empat prioritas utama kebijakan luar negeri Indonesia, yaitu menjaga kedaulatan RI, perlindungan WNI di luar negeri, diplomasi ekonomi dan peran Indonesia di kawasan dan dunia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini