nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandung Timur Dilanda Hujan Lebat hingga Puting Beliung

CDB Yudistira, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 16:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 11 525 2003200 bandung-timur-dilanda-hujan-lebat-hingga-puting-beliung-ARUt5WGu3H.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

BANDUNG - Hujan deras disertai angin kencang melanda kawasan Bandung Timur, pada Jumat (11/1/2019). Tak hanya itu, bahk‎an sempat terjadi angin puting beliung.

Pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ‎penyebab hujan lebat berdasarkan pantauan satelit terdapat pembentukan awan cumulonimbus sekira pukul 15.10 WIB di sekitaran Jawa Barat.

"‎Adanya pertemuan massa udara di sekitar Jabar dan belokan angin (shearline) di Jawa Barat bagian tengah," kata Kepala BMKG Bandung Toni Agus Wijaya, saat di konfirmasi.

 hujan

Selain itu, terdapat anomali suhu permukaan laut di perairan Jawa Barat yang cenderung hangat sehingga berpeluang terjadi pembentukan awan konvektif potensial hujan.

 (Baca juga: Tekanan Udara Meningkat hingga Bibit Siklon Buat Indonesia Berpotensi Diterjang Gelombang)

(Baca juga: BMKG: Waspada, Hujan Petir Berpotensi Landa 14 Wilayah di Jawa Barat)

‎Hasil pengukuran pos hujan observasi yang tercatat di pos hujan cileunyi, kurang dari 1 jam deras hujan tercatat 16 mm, masuk dalam kategori curah hujan dengan intensitas lebat.

 hujan

Untuk data pengamatan permukaan di Stasiun Geofisika Bandung, suhu maksimum sebesar 29,3 celcius, dengan kelembapan udara sekitar 59 % pada saat awal pembentukan awan cumulonimbus (Cb) di siang menjelang sore hari, pada pukul 15.00 wib suhu tercatat 27,0 celcius dengan kelembapan udara sekitar 67 %.

"Dari pantauan citra radar terdeteksi adanya pembentukan awan konvektif dengan kategori hujan sedang-lebat dan ketinggian puncak awan bisa mencapai 14 km," ungkapnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini