nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biaya Pemakaman di TPU Milik Pemkot Tangerang Sentuh Angka Jutaan Rupiah

Anggun Tifani, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 09:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 12 338 2003470 biaya-pemakaman-di-tpu-milik-pemkot-tangerang-sentuh-angka-jutaan-rupiah-jt2Wc1YQla.jpg TPU Selapajang Jaya di Tangerang (foto: Anggun/Okezone)

TANGERANG - Wafat atau meninggal menjadi kesejatian tersendiri bagi manusia. Ternyata untuk meninggalkan dunia ini, kita masih harus dibebankan dengan sejumlah biaya, khususnya untuk biaya pemakaman.

Salah satu TPU resmi milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, yakni TPU Selapajang Jaya menjadi salah satu pemakaman, yang nampak baik dari segi pengelolaan tata ruangnya.

 

TPU Selapajang Jaya berlokasi di Jalan Marsekal Suryadarma Lama Nomor 20, Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Letaknya tak jauh dari Bandara Soekarno-Hatta.

Memasuki area depan pintu masuk pemakaman, kita akan disambut dengan kaligrafi bertuliskan doa yang selalu diucapkan Nabi Muhammad SAW saat memasuki atau melewati area makam.

"Selamat sejahtera atas kamu sekalian wahai penghuni kubur, semoga Allah mengampuni kami dan kamu sekalian, kamu mendahului kami dan kami pun akan menyusul," isi tulisan sebelum memasuki area makam.

TPU Selapajang Jaya di Tangerang (foto: Anggun/Okezone)	TPU Selapajang Jaya di Tangerang (foto: Anggun/Okezone) 

Pemakaman di sini nampak rapi, dengan tata letaknya yang teratur. Blok untuk pemakaman umat muslim dan non muslim terpisah. Dari arah pintu masuk, blok untuk umat muslim ada di sisis kiri sementara blok untuk non muslim ada di sisi kanan.

(Baca Juga: Uang Panas Lahan Makam, Sudah Mati pun Masih Harus Keluar Biaya) 

Di balik tata kelola yang rapi dan teratur, terdapat pengelolaan dari Dinas Perumah dan Permukiman (Perkim) Kota Tangerang. Pengelolaan terhadap makam di TPU tersebut, tentunya dibebankan sejumlah biaya.

Saat ditemui Okezone di lokasi, salah seorang Staff Dinas Perkim Ade menjelaskan, untuk satu proses pemakaman membutuhkan biaya Rp700.000 bagi umat muslim. Sementara untuk non muslim dipatok harga Rp950.000.

"Untuk bangunan makam ada yang Rp 1,8 juta dan ada yang Rp 1,4 juta. Itu sudah termasuk izin bangunan makamnya, pemberian rumput, salip atau nisan dan konblok," ujar Ade kepada Okezone, Rabu (10/1/2019).

TPU Selapajang Jaya di Tangerang (foto: Anggun/Okezone)	TPU Selapajang Jaya di Tangerang (foto: Anggun/Okezone) 

Ade mengungkapkan, biaya tersebut belum termasuk biaya retribusi bulanan. Pembiayaan ini, dilakukan agar makam yang sudah ada tetap terawat dan tidak ditimpa.

"Ada biaya retribusi setiap dua atau tiga tahun bayar Rp100 ribu. Terus kalau perawatan makam, kayak bersihin nisan atau nyabutin rumput itu dilakukan berdasarkan kesepakatan ahli waris aja mereka nanti hubungi kita untuk minta dirawat. Nanti kita suruh petugas kita buat bersihin," paparnya.

Pada makam yang dibangun sejak tahun 1996 dan diresmikan tahun 1997 oleh Wali Kota Tangerang Zakaria Mahmud saat itu, makam ini awalnya kurang lebih memiliki luas 10,4 hektar. Selanjutnya, dikarenakan peningkatan penawaran maka makam tersebut diperluas hingga sekarang memiliki luas sekitar 12 hektar.

TPU Selapajang Jaya di Tangerang (foto: Anggun/Okezone) TPU Selapajang Jaya di Tangerang (foto: Anggun/Okezone) 

"Yang boleh dikuburkan di sini cuma warga Kota Tangerang. Harus punya KTP asli orang Tangerang. Kalau dibebasin mah, duh penuh kali yang dari Jakarta pada makamin di sini," ungkap Ade.

Dikatakan Ade, makam yang dikelolanya jauh lebih murah dari segi pembiayaan daripada TPU lain di sekitar Tangerang. "Termasuk murah ini mah. Rapi juga kita perawatannya. Soalnya kan ini kita konsepnya taman, enggak mau kesannya kumuh, makanya rapih kayak begini," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini