nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Derita Kelainan Hati, Bayi 17 Bulan Butuh Uluran Dana

Bramantyo, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 18:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 14 512 2004368 derita-kelainan-hati-bayi-17-bulan-butuh-uluran-dana-zZW8Cdd1Eo.jpg Ilustrasi

SOLO - Bayi bernama Azril yang masih berusia 17 bulan terdiagnosa menderita kelainan hati atau kolestasis.

Penyakit itu baru diketahui sejak usianya 26 hari, diawali dengan tanda perubahan kulit mata yang mulai menguning. Jalan satu-satunya untuk bisa menyembuhkan penyakit tersebut dengan melakukan operasi cangkok hati.

Orangtua Azril yakni Ngadiman dan Wahyuni, warga Dusun Sidorejo Rt 02 Rw 12, Desa Kaliboto Mojogedang ini merasakan kesulitan dana untuk membiayai pengobatan anaknya. Pendapatannya sebagai buruh hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Meski pengobatan ditanggung pemerintah melalui program KIS, namun ada beberapa obat yang harus beli sendiri," jelas Wahyuni, Senin (14/1/2019).

Menurutnya, Azril rutin kontrol ke RS dr. Sardjito setiap 2 minggu sekali. Sedangkan biaya kontrol dan membeli obat yang tidak ditanggung rumah sakit memberatkan mereka. Untuk biaya operasi memang ditanggung oleh pemerintah melalui KIS.

"Namun untuk biaya operasional sebesar kurang lebih Rp. 70 juta sangatlah besar bagi keluarga kami," keluh Wahyuni.

Sementara itu salah satu pejuang kemanusiaan Karanganyar merasa terherak dan menggalang donasi untuk biaya operasi Azril.

Hasilnya dalam sebulan penggalangan baik dana maupun barang yang terkumpul sudah diserahkan pada pihak keluarga.

"Kami berharap ada dermawan lainnya yang juga peduli untuk kesembuhan Azril. Untuk membantu bisa langsung pada pihak keluarganya," pungkas koordinator aksi Marfuah Dwi Nuryanti.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini