nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nelayan WNI yang Dibebaskan dari Abu Sayyaf Akan Segera Dipulangkan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 16 Januari 2019 12:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 16 18 2005146 nelayan-wni-yang-dibebaskan-dari-abu-sayyaf-akan-segera-dipulangkan-xiBnJMgDZA.jpg Direktur PWNI BHI, Muhammad Iqbal. (Foto: Sindonews)

JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengonfirmasi laporan mengenai pembebasan Samsul Saguni, nelayan warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf pada Selasa.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI/BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, Samsul saat ini masih berada di Filipina menunggu proses kepulangannya ke Indonesia.

BACA JUGA: Nelayan Indonesia yang Disandera Abu Sayyaf Tahun Lalu Dibebaskan di Filipina

“Pada 15 Januari 2019 sekira pukul 15.35 waktu setempat, seorang WNI yang disandera oleh kelompok bersenjata di Filipina Selatan a.n. Samsul Saguni berhasil dibebaskan,” kata Iqbal melalui pesan singkat yang diterima Okezone, Rabu (16/1/2019).

“Samsul Saguni saat ini masih berada di Pangkalan Militer Westmincom di Jolo, Filipina Selatan, guna pemeriksaan kesehatan dan menunggu diterbangkan ke Zamboanga City. Setelah diserahterimakan secara resmi kepada KBRI Manila, Samsul Saguni akan diproses pemulangannya ke Indonesia.”

BACA JUGA: Video WNI yang Disandera Abu Sayyaf Beredar di Media Sosial

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Samsul diculik pada 11 September 2017 di perairan Pulau Gaya, Semporna, Sabah. Dia diculik bersama seorang WNI lain, Usman Yunus yang berhasil melarikan diri dari para penculik pada Desember lalu dan kini telah berkumpul dengan keluarganya di Indonesia.

Iqbal mengatakan, sejak 2016, sebanyak 36 WNI disandera di Filipina Selatan dengan 34 di antaranya sudah berhasil dibebaskan. Pemerintah Indonesia masih mengupayakan pembebasan dua WNI lainnya yang masih disandera.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini