Sekjen Golkar Nilai Prabowo-Sandi Panik Hadapi Jokowi-Ma'ruf dalam Debat

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 00:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 17 605 2006020 sekjen-golkar-nilai-prabowo-sandi-panik-hadapi-jokowi-ma-ruf-dalam-debat-r9Dj18swif.jpg Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga dalam debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). (Foto : Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus menyebut pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno gugup dalam debat capres. Ia mengungkapkan hal itu karena menilai pernyataan pasangan calon nomor urut 02 tersebut kerap keluar dari substansi.

"Yang paling penting kontrol diri. Ini terlihat betapa Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin sangat tenang, dan kita bisa bandingkan dengan pasangan nomor 02, gugup. Akhirnya karena gugup, panik keluar dari substansi," ucap Lodewijk di Rumah Aspirasi Rakyat, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).

Menurut Lodewijk Freidrich Paulus kondisi sebaliknya dialami Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Selama debat berlangsung, dirinya menilai pasangan calon nomor urut 01 itu tampil dengan percaya diri.

Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus di Rumah Aspirasi Rakyat, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019). (Foto : Sarah Hutagaol/Okezone)

"Dari aspek psikologis kita lihat betapa Pak Jokowi sangat percaya diri. Mereka bisa saling mengisi saling menutup sehingga permasalahan terkontrol dengan baik," ungkapnya.

Lodewijk menambahkan, apa yang disampaikan Jokowi dalam debat merupakan program yang sudah dijalankan. Itu menjadi salah satu modal Jokowi dan Ma’ruf Amin selama menjalani debat Pilpres 2019.

(Baca Juga : Closing Statement Debat Pilpres 2019, Jokowi: Kami Sudah Paham Persoalan Bangsa)

"Pak Jokowi secara katakan dari rekam jejak kemudian dari program-program, ide, dan gagasannya memang sudah diaplikasikan. Itu yang menjadi modal kuat Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf tampil prima untuk diskusi ataupun debat pada malam ini," tutup Lodewijk.

(Baca Juga :  Pernyataan Penutup Prabowo: Kami Akan Perkuat Penegakan Hukum)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini