nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Info Tsunami, Ratusan Warga Tiga Desa di Kolaka Utara Mengungsi

Asdar Zuula, Jurnalis · Minggu 20 Januari 2019 22:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 20 340 2007045 beredar-info-tsunami-ratusan-warga-tiga-desa-di-kolaka-utara-mengungsi-GYhIYbAwmP.jpg Seorang warga Kolaka utara yang mengungsi karena kabar bohong tsunami. Foto: Okezone/Asdar Zuula

KENDARI - Ratusan warga Desa Tolala, Bahari, Lawaki dan Leleulu, Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), mengungsi ke daerah ketinggian, karena mendapat kabar informasi wilayah mereka akah diterjang tsunami.

Bahkan sebagian warga sudah mengungsi menggunakan kendaraan menuju Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang merupakan kabupaten tetangga Kolaka Utara.

Informasi tsunami akan menerjang pesisir Pantai Tolala, diketahui warga setelah beredar di media sosial (medsos).

"Takut itu, apa namanya, tsunami. Memangnya ada terdengar (kabar tsunami) di sini," kata seorang warga Desa Bahari, Sukri, Minggu (20/1/2019).

Foto/Okezone

Sebelumnya Badan Penanggunalan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara, telah mengonfirmasi, info tsunami yang beredar di media sosial adalah kabar bohong atau hoaks.

Gempa memang terjadi beberapa kali di Sultra. Namun BMKG menyatakan gempa tersebut jenis gempa bumi dangkal, akibat aktivitas sesar lawanopo.

Foto/Okezone

BMKG menegaskan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami. Meski demikian, gempa dirasakan warga beberapa kali, dan cukup keras.

"Getaran gempa bumi ini dirasakan sejak malam selasa (senin malam), malam selasa (senin malam) itu terjadi empat kali, hari pertama, hari kedua (getarannya) sama sampai sekarang. Terakhir hari Sabtu (19/01/2019), jam 7 (pukul 07.00 Wita), dihantam lagi, getarannya sama suara gemuruh dari bawah" jelas Kepala Desa Tolala, Kamal.

Hingga saat ini, warga masih bertahan di tenda darurat, daerah ketinggian, dan sebagaian warga lainnya masih berada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. 

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini