nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Petro Poroshenko Kembali Maju di Pilpres Ukraina

Agregasi VOA, · Rabu 30 Januari 2019 07:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 30 18 2011197 presiden-petro-poroshenko-kembali-maju-di-pilpres-ukraina-TQZtPBcyA4.jpg Petro Poroshenko kembali maju dalam Pilpres Ukraina pada Maret 2019. (Foto: Reuters)

PRESIDEN Ukraina Petro Poroshenko pada Selasa 29 Januari 2019 menggelar kampanye pencalonan ulang dirinya pada pemilihan umum yang digelar Maret mendatang. Diperkirakan pada pilpres kali ini akan menjadi ajang persaingan sengit antara Poroshenko dan mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko.

Berbicara kepada para pendukungnya di ibu kota Kyiv, Poroshenko mengemukakan harapannya bahwa Ukraina berusaha keras bergabung dengan Uni Eropa dan NATO jika dia memenangkan pemilu untuk masa jabatan lima tahun kedua sebagai presiden.

"Kita harus menjaga integrasi Ukraina dengan Uni Eropa dan NATO," katanya, ''Kita tidak boleh berhenti setengah jalan.''

Saingan utama Poroshenko, mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko memasuki masa kampanye pada minggu lalu. Ia menjanjikan merebut kembali kendali atas Semenanjung Krimea yang dicaplok Rusia dan daerah-daerah yang dikuasai separatis di bagian timur.

Yulia Tymoshenko menuduh Poroshenko dan rekan-rekannya mengambil manfaat dari konflik separatis yang sedang berlangsung di sana.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko. (Foto: Ist)

Jajak pendapat menunjukkan Poroshenko tertinggal di belakang Tymoshenko. Sebagian bahkan menempatkan pelawak Volodymyr Zelenskiy pada urutan kedua atau di depan Poroshenko.

Jauh sebelum pengumuman pada hari Selasa, Poroshenko berupaya meningkatkan dukungan publik yang menurun dengan memelopori upaya memastikan kemandirian Gereja Ukraina dari Gereja Ortodoks Rusia.

Awal bulan ini, Poroshenko melawat ke Ukraina dengan Tomos, sebuah gulungan berisi dekrit Patriarki Ekumene yang memberi Gereja Ortodoks Ukraina yang baru hak untuk mengatur sendiri. Baliho-baliho dipasang dengan gambar Poroshenko sedang memegang tomos yang diumpamakan sebagai jalan besar yang menghubungkan bandara Kiev dan pusat kota.

Sementara Perdana Menteri dan Ketua Parlemen Ukraina berbicara di kongres untuk menyatakan dukungannya bagi Poroshenko.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini