nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Foto Iwan Fals hingga Ariel Noah Salam Satu Jari Dukung Jokowi, Hoax atau Fakta?

Ade Putra, Jurnalis · Minggu 03 Februari 2019 06:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 03 337 2013106 heboh-foto-iwan-fals-hingga-ariel-noah-salam-satu-jari-dukung-jokowi-hoax-atau-fakta-HhWvEavtF6.jpg

FOTO Iwan Fals dan musisi papan atas lainnya kembali menjadi perbincangan hangat di media sosial. Terutama Facebook (FB). Foto Iwan Fals kala bersama Ariel Noah, Giring Nidji, Rian D'Masiv, Momo Geisha, dan Bu Acin itu, dikaitkan dengan pesta demokrasi yang tak lama lagi akan dihelat.

Foto itu viral setelah diposting halaman FB 'Kerja Jokowi'. Si pengunggah mencoba membangun opini bahwa Iwan Fals dan musisi papan atas lainnya mendukung Calon Presiden, Nomor Urut 1, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Karena, dalam foto itu, semua musisi mengacungkan satu jari, yang kebetulan digunakan tim dan relawan Jokowi-Amin ketika berpose.

Sampai saat ini, Sabtu (2/2/2019) pukul 12.14 WIB, postingan foto itu sudah dibagikan 3.005 kali oleh netizen. Dalam foto itu, juga dilengkapi dengan caption:

"Iwan Fals dan kawan kawan mengajak seluruh masyarakat yang mencintai Indonesia berSATU untuk nomor SATU..Iwan Fals sudah dukung Jokowi.. Bagaimana dengan kamu?.. Tentu dong.... nomor 1 pasti kualitas bagus... Kalo 2 berarti barang kawe-an".

Hasil penelusuran Tim Hoax Crisis Centre (HCC) Kalbar, ditegaskan bahwa foto yang diposting akun FB Kerja Jokowi itu tidak ada kaitannya dengan dukungan atau pilihan politik.

"Intinya, si pengunggah berusaha membangun premis bahwa Iwan Fals dan musisi lainnya mendukung Jokowi-Amin. Padahal, foto pose menunjukkan satu jari yang digunakan itu sebenarnya foto lama," kata Nina Soraya, Project Manager HCC Kalbar kepada Okezone, Sabtu siang.

Nina menjelaskan, foto itu diambil saat konferensi pers tentang rencana pembuatan album pada 2016 lalu. "Jadi, tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2019," tegasnya.

Informasi yang dibuat pengunggah, kata Nina, adalah konten yang salah, atau fabricated content. "Dimana konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah. Si pengunggah menambahkan narasi untuk memelintir dan membangun premis yang salah," jelasnya.

Hasil penelusuran Nina dan timnya melalui mesin pencari, foto yang digunakan si pengunggah itu ternyata pernah dimuat dalam pemberitaan Tempo(dot)co pada 17 April 2016, berjudul: Bikin Album Baru, Iwan Fals Gandeng Empat Band Tanah Air.

Yang inti isinya adalah: pada Jumat, 15 April 2016 lalu, musikus senior Iwan Fals menggandeng grup band Noah, Nidji, d'Masiv, dan Geisha untuk album terbarunya yang berjudul 'Satu'.

Kala itu, Iwan menilai rasa Bhineka Tunggal Ika di album yang digarap dibawah bendera Musica Studio's itu menjadi spirit yang kuat untuk meleburkan warna musiknya bersama Noah, Nidji, d'Masiv dan Geisha.

Usai memberikan keterangan pers, Iwan dan musisi lainnya melakukan sesi foto berpose menunjukkan satu jari, yang mengartikan nama album mereka. "Terlepas mereka mendukung siapa, itu urusan mereka. Namun, foto yang sengaja diedarkan itu sudah pasti tidak ada kaitannya dengan arus politik saat ini. Sangat jelas, foto yang diambil itu tahun 2016, jauh sebelum ada penentuan nomor urut pasangan calon," lugas Nina.

Selain itu, foto yang sama jamu pengambilan angle dari sudut berbeda juga pernah dimuat di https://www.google.com/amp/s/m.tabloidbintang.com/amp/film-tv-musik/kabar/read/38279/ariel-noah-takut-dengan-nama-besar-iwan-fals.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini