nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Rumah, Gereja, dan Sekolah Rusak Akibat Gempa Mentawai

Rus Akbar, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 13:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 04 340 2013519 15-rumah-gereja-dan-sekolah-rusak-akibat-gempa-mentawai-HUkmxunoc2.jpg Kondisi Bangunan Rusak Akibat Gempa Mentawa, Sabtu 2 Februari 2019 (foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Pasca-gempa beruntun yang melanda Mentawai pada Sabtu 2 Februari, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Data sementara, ada 15 rumah warga yang rusak, satu gereja dan satu lagi bangunan kelas SDN 02 Taikako.

Menurut Camat Sikakap, Fransiskus Sakeletuk data sementara ada 15 rumah yang rusak tersebut, ada 11 rumah retak-retak, dan beberapa rumah lantainya turun, 4 rumah atapnya jatuh ke lantai, 1 gereja di Dusun Sikautek rusak berat, dan SDN 02 Taikako juga rusak.

(Baca Juga: Rentetan Gempa Guncang Mentawai, Apa Pemicunya?) 

“Untung bangunan SD tersebut setengah permanen,” kata Fransiskus, Senin (4/2/2019).

Menara Gereja Roboh Akibat Guncangan Gempa Mentawai (foto: Rus Akbar/Okezone)	Menara Gereja Roboh Akibat Guncangan Gempa Mentawai (foto: Rus Akbar/Okezone) 

Pendataan tersebut dilakukan oleh Camat Sikakap Fransiskus Sakaletuk, Kapolsek Sikakap Iptu Hendri, Danramil Sikakap Kapten INF Putra Damanik dan Kamla Sikakap Peltu. Dwi Wahyono tadi pagi.

"Dari data sementara di Desa Taikako Kecamatan Sikakap dari 15 rumah di Dusun Lajau Manai, 11," ucap dia.

Sementara Kepala Dusun Lajau Manai, Sahrial Medis mengatakan, pasca gempa Mentawai, ada 15 rumah rusak. “Kerusakannya ada dinding yang retak, lubrik sapu-sapu atap jatuh kelantai, lantai rumah turun,” katanya.

Sedangkan dari gereja di Dusun Sikautek yang luasnya 10 meter dan panjang 21 meter mengalami kerusakan bagian menara depan. “Jemaat di sini ada 43 Kepala Keluarga (KK). Menara gereja rubuh akibat gempa keempat, di mana gempa tersebut sangat kencang sekali kami rasakan," kata Ketua GKPM Dusun Sikautek, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap Trisno Sapalakkai.

(Baca Juga: Akibat Gempa Mentawai, Menara Gereja Roboh hingga Jemaat Beribadat di Tenda)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini