Dampak Gempa 6 SR dan 52 Kali Gempa Susulan di Mentawai

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 04 Februari 2019 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 04 340 2013589 dampak-gempa-6-sr-dan-52-kali-gempa-susulan-di-mentawai-N9XP4KZR41.jpg Dampak kerusakan akibat gempa Mentawai (Foto: BNPB)

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 6 SR mengguncang Kepulauan Mentawai pada 2 Februari 2019 sekira pukul 17.59 WIB. Pusat gempa di laut dengan kedalaman 18 km. 

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa diikuti gempa susulan sebanyak 52 kali. Gempa terasa kuat sekira 3-4 detik di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Sebagian masyarakat panik. Masyarakat merespons keluar dari rumah dan mencari tempat aman. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/2/2019).

(Baca Juga: 15 Rumah, Gereja, dan Sekolah Rusak Akibat Gempa Mentawai)

Gempa Mentawai

Pengamatan TRC BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, sambung Sutopo, tidak ada gelombang pasang atau surut di pantai. Gempa juga tidak menimbulkan korban meninggal maupun luka.

"Kerusakan fisik meliputi 1 unit puskesmas rusak di Desa Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan, 1 unit mercusuar yang sudah tidak terpakai roboh, 11 unit rumah rusak ringan, dan 1 unit gereja rusak sedang," ujarnya.

Gempa Mentawai

Sebagian masyarakat memilih tinggal di luar rumah karena takut adanya gempa susulan yang lebih besar. Namun, saat ini, kondisi masyarakat kondusif dan aman dan tetap melakukan aktivitas secara normal. 

(Baca Juga: Akibat Gempa Mentawai, Menara Gereja Roboh hingga Jemaat Beribadat di Tenda)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini