Tidak Berpotensi Tsunami, Guncangan Gempa Mentawai Terasa Sangat Kuat

Rus Akbar, Okezone · Sabtu 27 Maret 2021 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 340 2385134 tidak-berpotensi-tsunami-guncangan-gempa-mentawai-terasa-sangat-kuat-OGwNwZKHxZ.jpg ilustrasi: shutterstock

MENTAWAI - Gempa yang terjadi sore tadi sekira pukul 17.18 WIB dengan kekuatan 4,6 M di 52 kilometer Barat Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai juga terasa kuat di Dusun Peipei, Desa Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kabupaten Kepulauan, Mentawai Sumatera Barat.

(Baca juga: Gempa M4,6 Guncang Mentawai, Warga Siberut Berhamburan Keluar Rumah)

“Tadi kami sedang main voli di lapangan tiba-tiba penonton langsung berteriak, gempa-gempa kemudian mereka kabur dan pulang ke rumah masing-masing. Melihat kondisi itu kami yang sedang main juga ikut kabur ke rumah,” katanya Anjelina Sagari (24) warga Peipei yang ikut main voli kepada MNC Portal Indonesia saat dihubungi, Sabtu (27/3/2021)

(Baca juga: Duh! Akun Felly Angelista Masuk Salah Satu Top Rangking Situs Porno)

Kondisi saat ini kata Anjelina di Peipei tidak ada yang mengungsi dan tidak ada info kerusakan seperti gempa dulu. “Kini kami sudah kembali normal hanya perlu waspada saja,” ujarnya.

Kalaksa BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai Novriadi mengatakan, guncangan gempa terasa kuat sekitar Desa Pasakiat Taileleu sampai di Peipei, Siberut Barat Daya.

“Gempa memang kuat disana dengan skala II sampai III MMI, tapi tidak ada laporan mengungsi akibat gempa tersebut,” ungkapnya.

Sementara di Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara tidak terasa kuat hanya skala I-II MMI. “Saya tadi memang di rumah gempa juga terasa di Tuapeijat ini tapi tidak terlalu kuat, dari laporan Pusdalops BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai kondisi sampai mala mini masih aman dan tidak ada warga yang mengungsi,” jelasnya.

Sementara Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Irwan Slamet menjelaskan gempa tektonik di Kepulauan Mentawai, menunjukkan gempa bumi akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia. Gempa Mentawai kali ini juga tidak berpotensi tsunami.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini