nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minimnya Lahan Parkir Membuat Parkir Liar Menjamur di Depok

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Sabtu 09 Februari 2019 12:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 08 338 2015404 minimnya-lahan-parkir-membuat-parkir-liar-menjamur-di-depok-ya9JGX45cd.jpg Parkir Liar di Kawasan Depok, Jawa Barat (foto: Wahyu/Okezone)

DEPOK - Keberadaan parkir liar dinilai sebagian orang sangat mengganggu pengguna jalan, namun menjadi keuntungan tersendiri bagi sebagian orang. Salah satunya dirasakan oleh Sarbini juru parkir liar yang berada di kawasan perkantoran dan perumahan Grand Depok City (GDC) Depok, Jawa Barat.

Dia mengaku selama 9 tahun berprofesi sebagai tukang parkir lantaran faktor pendidikan, sehingga ia memilih untuk menghidupi dua anak dan istrinya dari memarkirkan kendaraan baik roda dua dan roda empat.

 

"Saya bekerja jadi tukanh parkir karena memang sudah biasa dari dulu abis mau gimana lagi, dari pada nganggur buat kebutuhan sehari-hari," kata Sarbini kepada Okezone.

Dalam menjalankan profesinya Sarbini tidak pernah memikirkan pendapatan semuanya dilakukan dengan ikhlas. Sebab tidak pernah sepeser pun dirinya meminta uang kepada orang yang membutuhkan jasanya.

"Kalau harga gak ditarifin kalau mau ngasih saya terima kalo enggak ya gak apa apa penghasilan gak tentu sehari bisa 70 ribu buat makan aja anak dua istri satu," ujarnya.

Sarbini, Juru Parkir Liar di Kawasan Perkantoran dan Perumahan GDC, Depok, Jawa Barat (foto: Wahyu/Okezone)	Sarbini, Juru Parkir Liar di Kawasan Perkantoran dan Perumahan GDC, Depok, Jawa Barat (foto: Wahyu/Okezone) 

Menjamurnya parkir liar, dia menilai lantaran kurangnya lahan parparkiran, selain itu kesadaran pengguna jalan juga menjadi salah satu faktor munculnya lahan parkir liar seperti di trotoar dan bahun jalan.

"Saya kalau ada tempatnya lebih bagus karena gak ada, ya saya parkirin emang gak ada lahan parkir, selama ini sih belum pernah di derek atau di gembok petugas dishub," ucapnya.

Diketahui terkait aturan penertiban dan penindakan kendaraan yang mangkal di bahu jalan berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2014 tentang atuan lalu lintas, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 32 tahun 2016, Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 02 tahun 2012, dan Perda Kota Depok Nomor 16 tahun 2012 tentang ketertiban umum.

Parkir Liar di Kawasan Depok, Jawa Barat (foto: Wahyu/Okezone)	Parkir Liar di Kawasan Depok, Jawa Barat (foto: Wahyu/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini