Jelang Pemilu, "Politik Jenaka" Dinilai Harus Lebih Sering Ditonjolkan daripada Hoax

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Minggu 10 Februari 2019 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 10 606 2016068 jelang-pemilu-politik-jenaka-dinilai-harus-lebih-sering-ditonjolkan-daripada-hoax-nPaNw5D8v4.jpg

JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie merilis video baru berdurasi 15 detik. Video tersebut merupakan kelakar Grace soal "es teh manis" dan analoginya terhadap politik sekarang.

Video tersebut dibuka dengan latar "Tahukah Kamu?" dengan latar belakang beberapa grafis makanan dan minuman. Kemudian Grace berucap: "Saya Grace Natalie ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, kalau kita mencampurkan air, gula, dan es secara bersamaan maka akan menjadi es teh manis. Saya Grace Natalie Ketua Umum PSI."

Video tersebut sempat membuat kontroversi karena Grace tak menyebut teh dalam resep membuat "es teh manis' dalam video tersebut. Sekjen Pergerakan Indonesia, Abi Rekso menilai video tersebut sebagai sebuah sikap optimisme, bahwa politik harus gembira. Menurutnya, video tersebut adalah sebuah pemecah kebuntuan politik.

"Grace meberikan 'ice breaker' buat banyak orang. Politik jangan melulu ditampilkan dengan wajah yang bengis dan permusuhan. Sesekali juga perlu melempar daya tarik seperti Grace Natalie. Itukan menyegarkan!," ucap Abi Rekso.

Abi sedikit menjelaskan, bahwa masyarakat akan muak dan apolitis jika selalu politik diisi dengan kebencian, kemarahan, yang berujung pada pertengkaran. Padahal, polemik itu bukan membahas sesuatu yang fundamental. Polemik itu selalu dipicu dengan gempuran berita bohong dan seruan kebencian. Sehingga sesuatu yang "Jenaka" haruslah lebih ditonjolkan dibanding permusuhan yang tercipta akibat berita bohong.

"Kegembiraan muncul bersama senyum, kecerdasan, dan harapan masa depan. Dengan begitu, publik dan generasi milenial mengerti. Bahwa politik bukanlah awal dari permusuhan. Politik adalah kegembiraan, di masa depan," ucap Abi Rekso.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini