Baru Sepekan Dilantik, 10 Anggota DPRD Banten Gadai SK ke Bank

Rasyid Ridho , Jurnalis · Senin 09 September 2019 23:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 09 606 2102677 baru-sepekan-dilantik-10-anggota-dprd-banten-gadai-sk-ke-bank-FRcmkXBXIu.jpg Anggota DPRD Banten saat dilantik (foto: Rasyid/Sindo)

SERANG - Belasan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten yang baru sepekan dilantik langsung menggadaikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan untuk meminjam uang ratusan juta ke sejumlah Bank.

Sekretaris DPRD Banten Deni Hermawan mengatakan, sampai saat ini sudah ada 10 anggota dewan yang mengajukan permohonan pinjaman uang ke Bank dengan menggunakan SK pengangkatan.

"Iya benar sudah ada beberapa (anggota DPRD yang gadai SK). Kemungkinan akan terus bertambah. Tapi itu kan masalah pribadi kita hanya memfasilitasi saja," ujar Deni kepada wartawan, Senin (9/9/2019).

 Baca juga: Resmi Dilantik, Anggota DPRD Banten Periode 2019-2024 Langsung Gajian

Dijelaskan dia, biasanya Bank memanfaatkan untuk menawarkan kepada wakil rakyat masa bakti 2019-2024 pinjaman. Nominal yang dapat dipinjam Rp500 juta hingga Rp1 miliar per anggota.

Deni mengatakan, nantinya gaji para anggota yang menggadaikan SK akan dipotong setiap bulannya tergantung kesepakatan antara anggota dengan pihak bank.

"Ada yang mengajukan ke BJB dan Bank Banten tapi rata-rata ke Bank Banten. Yang sudah mendapat surat kuasa dengan bank kami langsung mengurus cicilan," ujarnya.

Diungkapkan Deni, fenomena ini sudah menjadi rahasia umum. Anggota dewan sebelumnya tercatat sebanyak 45 anggota yang menggadaikan SK sebagai wakil rakyat.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini