Formappi Sebut Dominasi Petahana Buat DPR Jalan di Tempat

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 05 September 2019 16:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 05 606 2101078 formappi-sebut-dominasi-petahana-buat-dpr-jalan-di-tempat-rjJ2SdLdiU.jpg Peneliti Formappi Lucius Karus (Foto: Okezone)

JAKARTA - Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) memprediksi anggota DPR periode 2019 - 2024 yang didominasi petahana hanya akan melahirkan undang-undang tidak akan jauh berbeda dengan periode sebelumnya. Sehingga, DPR hanya akan jalan di tempat.

"Jumlah incumbent sebanyak 321 orang dan wajah baru sebanyak 254 orang, incumbent terbanyak berada di PDIP," kata Peneliti Formappi Lucius Karus kepada wartawan, Jalan Matraman, Jakarta Timur. Kamis (5/9/2019).

Baca Juga: Pengurus Golkar Kecewa dengan Penurunan Suara di Pileg 2019 

Lucius mencontohkan, para anggota DPR paling banyak ditempati oleh muka-muka lama adalah anggota DPR dari Fraksi PDIP. Anggota dewan petahana dari partai berlogo kepala banteng itu tercatat ada 73 orang, di mana dalam periode sebelumnya hanya 55 orang.

"Dominasi caleg petahana lanjutnya yang mencapai 56% dalam Pemilu 2019 ini terdiri dari 300 anggota DPR aktif dan 21 anggota DPR terpilih periode 2014 yang di PAW, namun kembali mencalonkan diri dalam Pemilu 2019," ujarnya.

Gedung DPR

Menurut Lucius, banyaknya anggota DPR petahana terpilih kembali disebabkan para anggota dewan lebih mengedepankan "promosi untuk dirinya" ketimbang mengikuti sidang di Senayan.

"Banyaknya incumbent yang terpilih kembali membuktikan jika mereka lebih banyak kampanye dari pada mengikuti sidang-sidang di DPR," ujarnya.

Baca Juga: Golkar Sambut Anggota Baru DPR dari Kalangan Milenial

Sementara itu, anggota DPR yang didominasi pendatang baru, Formappi mencatat ada di Partai NasDem. Para anggota dewan pendatang baru dinilai akan mendongkrak kepercayaan masyarakat terhadap lembaga DPR, padahal belum tentu juga.

"Wajah baru di Senayan juga belum tentu mampu mendongkrak kepercayaan publik terhadap kinerja DPR," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini