Mulan Jameela Ditetapkan Jadi Anggota DPR RI dari Gerindra

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 20:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 21 606 2107714 mulan-jameela-ditetapkan-jadi-anggota-dpr-ri-dari-gerindra-XmnEx3TetD.jpg Mulan Jameela (Okezone)

JAKARTA – Artis yang juga calon legislatif (caleg) Partai Gerindra Mulan Jameela dinyatakan lolos menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024, setelah memenangkan gugatan perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan diperkuat dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mulan Jameela yang juga istri musisi sekaligus politikus Gerindra Ahmad Dhani lolos ke Senayan berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU RI Nomor 1341/PL.01.09-Kpt/06/KPU/IX/2019 yang ditetapkan pada 16 September 2019.

KPU mengeluarkan SK itu setelah menerima surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Nomor 021A/BHA-DPPGERINDRA/IX/2019 tertanggal 11 September 2019 tentang pelaksanaan putusan PN Jakarta Selatan.

"Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra hanya menjalankan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memenangkan Mulan Jameela dan kawan-kawan," kata Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Sabtu (21/9/2019).Sufmi Dasco

Sufmi Dasco Ahmad (Okezone)

Dalam surat keputusan KPU, Mulan Jameela yang maju di daerah pemilihan Jawa Barat XI dengan raihan 24,192 suara, ditetapkan sebagai pengganti caleg terpilih atas nama Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi yang meraih suara ketiga dan keempat terbanyak di dapil tersebut pada Pemilu 2019.

Erwin Luthfi dan Fahrul Rozi sudah diberhentikan oleh Gerindra. Gerindra juga sudah mengirimkan surat ke KPU yang menyatakan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi tidak memenuhi persyaratan sebagai caleg terpilih dari partai besutan Prabowo Subianto itu.

Sebelumnya Mulan Jameela bersama delapan caleg Gerindra mengajukan gugatan perdata terhadap partainya. Gugatan itu didaftarkan di PN Jakarta Selatan. Hasilnya hakim mengabulkan gugatan tersebut.

Dalam persidangan, hakim menyatakan Dewan Pembina dan DPP Partai Gerindra berhak melakukan langkah administrasi internal yang dianggap dituntut oleh para penggugat yakni Mulan Jameela dan rekannya guna memastikan penetapan para penggugat sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra untuk daerah pemilihan masing-masing.

Hakim juga memerintahkan kepada para penggugat untuk turut dan patuh pada putusan perkara ini.

"Seperti kita tahu bahwa sengketa parpol itu bersifat final dan mengikat final and binding dan keputusan ini telah inkrah di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," jelas Dasco.

"Sehingga, kami mentaati hukum dan menjalankan putusan PN Jaksel dengan melengkapi administrasi yang ditentukan oleh komisi pemilihan umum agar keputusan PN Jaksel tersebut dapat dilaksanakan oleh KPU," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini