nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Foto Kaesang Kenakan Kaus Berlogo Palu Arit Tersebar, Ini Faktanya!

Ade Putra, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 18:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 11 337 2016493 foto-kaesang-kenakan-kaus-berlogo-palu-arit-tersebar-ini-faktanya-m5X34ityjb.jpg

TERSEBAR foto anak pertama dan ketiga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep di media sosial. Namun, Kaesang yang mengenakan kaus oblong hitam pada foto itu, tampak ada gambar logo palu arit di bagian dada kiri dari kaosnya.

Pada foto tersebut, juga dituliskan narasi yang diantaranya berbunyi, “Anak siapakah ini? bebas gunakan T Shirt dan logo palu arit, kira” bakal dipenjara gak ya?.”

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari oleh Dedy Helsyanto member laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), foto tersebut tidak benar adanya.

"Foto Kaesang yang telah diedit ini diambil dari foto yang dilampirkan detik.com dalam berita berjudul: Saat Anak-anak Jokowi Ikut Heboh Nurhadi-Aldo. Yang ditayangkan pada Kamis 10 Januari 2019," kata Dedy dalam debunk yang dipostingnya di laman grup FB FAFHH, Senin (11/2/2019).

Di foto asli, kata Dedy, kaus yang dikenakan Kaesang, tidak ada logo palu arit yang biasa diasosiasikan dengan komunis atau PKI di Indonesia. "Jadi informasi yang beredar ini, manipulated content atau disinformasi," ucapnya.

Jauh sebelumnya, Kaesang juga pernah dituding sebagai anak PKI dan pemuda yang mengibarkan bendera berlogo palu arit, yang juga disebarkan di media sosial.

Namun Kaesang menanggapinya santai dengan menanyakan keadilan tudingan anak PKI, mengingat hanya ditujukan kepada dirinya, tapi tidak kepada kedua kakaknya juga yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Ayu.

Dan tudingan kepada Kaesang yang disebut memegang bendera berlogo palu arit, Kaesang mengklarifikasinya dengan mengatakan mending jualan pisang.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini