nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satgas Media Daring Akan Dioptimalkan Berangus Media Abal-Abal

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 21:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 11 337 2016579 satgas-media-daring-akan-dioptimalkan-berangus-media-abal-abal-dcMhYc3Zjp.jpg Diskusi publik bertema Memberantas Jurnalis Abal-Abal" (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Keberadaan media online abal-abal kian meresahkan. Pasalnya, kebanyakan konten dari laman itu bermuatan informasi hoaks yang digunakan untuk mengadu domba masyarakat. 

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan, bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan membahas kerangka kerja dari satgas media daring yang sudah terbentuk sejak Desember 2018.

"Kita sekarang lagi menyiapkan rule of engagement (ROE)-nya, jadi harus jelas rule of engagement-nya. Sampai saat ini, masih berproses," kata Yoseph dalam diskusi bertajuk "Memberantas Jurnalis Abal-Abal" di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

(Baca Juga: Viral Informasi Pembuatan SIM Kolektif, Polisi: Itu Hoax!)

Ilustrasi

Yosep menjelaskan, konsep kerja dari satgas itu, salah satunya akan mengawasi seluruh portal online yang menyajikan berita. Apabila media itu hanya berisi informasi bohong, maka Dewan Pers akan meminta Kemenkominfo menonaktifkannya.

"Sudah ada, ya yang keterlaluan. Kaya misalnya tadi saya sebut polhukam.com itu sudah di-take down," ujarnya.

Selain laporan masyarakat tentang media daring abal-abal, satgas media online juga menindaklanjuti temuan di lapangan. Sementara untuk jurnalis abal-abal yang melakukan pemerasan, ia mengatakan, bukan ditangani Dewan Pers, melainkan pihak kepolisian.

"Kemudian media yang mengimitasi, media yang menulis secara sewenang-wenang, itu nanti kami akan melakukan dalam listmedia yang perlu dideteksi," ujarnya.

(Baca Juga: Sebaran Hoaks Naik 85 Persen Jelang Pilpres 2019)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini