nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wacana Hari Keselamatan Berlalu Lintas Polri Dinilai Tepat

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 03:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 13 337 2017134 wacana-hari-keselamatan-berlalu-lintas-polri-dinilai-tepat-1jKLP2T28E.jpg Lalu lintas Jakarta (Foto: Ist)

JAKARTA - Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri mengusulkan pada 31 Maret diperingati sebagai momentum Hari Keselamatan Berlalu Lintas. Hal itu untuk menyadarkan masyarakat khususnya kaum milenial akan tertib dalam berkendara.

Menanggapi hal itu, Pakar IT UI, Riri Fitri Sari menilai wacana tersebut tepat. Mengingat, kini banyak pengguna jalan yang lebih mengutamakan penggunaan gadget di jalanan, sehingga abaikan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

"Saya menyambut baik program dari Korlantas dan berharap kita semua bisa berpartisipasi dengan semangat dan makin kita berbudaya dan memberikan contoh menggunakan jalan raya lebih aman dan keselamatan di jalan raya," kata Riri di Kantor Korlantas, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

(Baca Juga: 57% Kecelakaan Lalu Lintas di Kalteng Dialami dan Disebabkan Para Milenial)

Mengenai Hari Keselamatan Berlalu Lintas, Riri berharap, penggunaan gadget dapat digunakan secara positif oleh para pengguna jalan khususnya generasi milenial.

Sehingga, lanjut Riri, pencapaian target keselamatan yang diharapkan oleh Korlantas Polri ini betul dapat dijalankan oleh seluruh pengguna jalan raya terutama para Milenial yang memang diharapkan dapat memberikan contoh karena akses informasi yang sangat mudah.

"Misalnya penggunaan aplikasi mobile hal-hal yang baik dalam berkendara terbaru perlu diperhatikan," tutur Riri.

Lalu lintas Jakarta

Sebelumnya, Kepala korlantas Polri Irjen Refdi Andri menjelaskan alasan pemilihan tanggal tersebut, lantaran bertepatan dengan puncak kegiatan Millennial Road Safety Festival.

"Tanggal 31 Maret 2019 adalah hari puncak pelaksanaan MRSF. Ini momentum bagaimana program ini berkelanjutan dari tahun ke tahun," kata Refdi.

(Baca Juga: Terobos Palang Perlintasan, Pemotor Tewas Tertabrak KRL di Jakut)

Untuk mewujudkan wacana pencanangan peringatan Hari Keselamatan Berlalu Lintas, Polri pun mengadakan serangkaian diskusi bersama perwakilan kementerian lembaga, pengamat transportasi, sejumlah ahli dan akademisi.

"Kami minta masukan dari ahli, pengamat transportasi, kementerian lembaga sehingga ide pencanangan ini bisa benar-benar matang," kata Refdi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini