nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Lantik 5 Dubes RI untuk Negara Sahabat

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 18:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 13 337 2017511 jokowi-lantik-5-dubes-ri-untuk-negara-sahabat-IkJuChqUlr.jpg Jokowi lantik 5 dubes RI untuk negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019). (Foto : Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik lima Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Kelima Dubes itu adalah Andriana Supandi, Mochammad Chandra Widya Yudha, Hasrul Azwar, Berlian Napitupulu, dan Kenssy Dwi Ekaningsih.

Andriana Supandi dilantik sebagai Dubes RI untuk Papua Nugini merangkap Kepulauan Solomon berkedudukan di Port Moresby. Mochammad Chandra Widya Yudha dilantik menjadi Dubes RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro berkedudukan di Beograd.

Hasrul Azwar MM sebagai Dubes RI untuk Kerajaan Maroko merangkap Republik Islam Mauritania berkedudukan di Rabat. Kemudian, Berlian Napitupulu sebagai Dubes RI untuk Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara) berkedudukan di Pyongyang. Kenssy Dwi Ekaningsih dilantik sebagai Dubes RI untuk Republik Ceko berkedudukan di Praha.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17/P 2019 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI. Keppres tersebut ditetapkan Jokowi pada Selasa, 12 Februari 2019.

Jokowi lantik 5 dubes RI untuk negara sahabat di Istana Negara, Jakarta. (Foto : Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Kepala Negara kemudian memimpin pengambilan sumpah jabatan yang diikuti lima duta besar tersebut.

"Demi Allah saya bersumpah. Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada UUD RI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi diikuti lima duta besar tersebut.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh," lanjut mereka.

(Baca Juga : Jokowi Lantik 16 Dubes RI, dari Ketua PP Muhammadiyah hingga Jubir Kemlu)

Pelantikan lima duta besar ini dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri ATR Sofyan Djalil dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menhub Budi Karya Sumadi, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Ketum PPP Romahurmuziy, serta Ketum Nasdem Surya Paloh.

(Baca Juga : Jokowi: Kita Semua Doakan agar Ani Yudhoyono Cepat Sembuh)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini