Bawaslu Jateng Panggil Ganjar Pranowo Pekan Depan

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 04:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 13 605 2017124 bawaslu-jateng-panggil-ganjar-pranowo-pekan-depan-VJh8qZ7Ni7.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Okezone)

SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng) segera memanggil Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait 31 kepala daerah se-Jateng yang berkumpul mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden. Ganjar yang disebut-sebut sebagai inisiator deklarasi akan dipanggil pada pekan depan.

"Dari Bawaslu Jateng itu nanti akan memanggil (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo). Rencananya minggu depan, pada hari Senin. Nanti saya cek suartanya sudah masuk atau belum, tapi yang jelas minggu depan," kata Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jateng, Sri Wahyu Ananingsih, Selasa (12/2/2019).

(Baca Juga: 18 ASN Banten Terbukti Tak Netral di Pemilu 2019)

Dari laporan tim Prabowo-Sandi, maka Bawaslu Provinsi menindaklanjutinya dengan meminta kepada Bawaslu di kabupaten/kota untuk menindaklanjutinya dengan memeriksa kepala daerah dan wakilnya yang mengikuti kegiatan tersebut di Solo.

Ganjar Pranowo

Menurutnya, dari laporan yang diterima diduga terjadi pelanggaran karena kegiatan puluhan kepala daerah dinilai menguntungkan salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Selain itu, juga terdapat dugaan penggunaan fasilitas negara.

"Dari pelapor itu menyebut ada dugaan melanggar, karena itu disebut menguntungkan pasangan nomor urut 01 dan itu menggunakan fasilitas negara. Kita tidak menyebut deklarasi ya, kita bilangnya kegiatan di Solo," katanya.

(Baca Juga: Bertemu Ma'ruf Amin, Yenny Wahid Bahas Konsolidasi Pilpres)

Ia menambahkan, nanti dari hasil pemeriksaan dari masing-masing Bawaslu kabupaten/kota juga akan disampaikan kepada Bawaslu Jateng. Intinya, setiap kepala daerah masing-masing yang mengikuti kegiatan di Hotel Alila Kota Solo pada Sabtu 26 Januari itu akan dipanggil.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini