nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkominfo Sebut 122 Daerah Bakal Terhubung dengan Internet

Demon Fajri, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 21:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 14 340 2018081 menkominfo-sebut-122-daerah-bakal-terhubung-dengan-internet-6cYuCI7q0o.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

BENGKULU - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan, pertengahan tahun 2019 tidak ada daerah di Indonesia yang tidak terakses dengan internet.

Terutama 122 daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar), yang tertuang dalam Peraturan Presiden (perpres) Nomor 131/2015, tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015–2019. Termasuk Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.

Di Kabupaten Seluma, kata Rudiantara, telah di bangun Base Transceiver Station (BTS) sebanyak tiga buah. Tidak hanya itu di salah satu sekolah di daerah Kabupaten Seluma, telah di pasangan jaringan internet dengan kapasitas 10 Mbps. Jaringan internet tersebut terhubung dengan satelit secara langsung yang di sewa Kominfo.

"Pertengahan tahun nanti tidak ada lagi daerah 3 T yang tidak terhubung dengan internet," kata Rudiantara kepada wartawan, Kamis (14/2/2019).

 sd

Internet tersebut, sambungnya, dipasang dengan kecepatan tinggi. Selain itu, dalam pemasangan jaringan internet Kominfo tidak menarik kabel. Pemasangan jaringan internet di daerah 3 T, mulai dari sekolah, fasilitas kesehatas, dan kantor desa.

"Ada 83 ribu kantor desa di seluruh Indonesia, 20 ribu belum terakses jaringan internet,'' jelas Rudiantara.

Rudiantara mengatakan, selama ini jaringan internet di sekolah hanya digunakan untuk UNBK. Namun, setelah adanya pasangan jaringan internet dari Kominfo, para pelajar bisa menggunakan dalam kegiatan proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Kedepan internet tidak hanya digunakan saat UNBK, namun bisa digunakan saat kegiatan belajar mengajar," kata Rudiantara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini