Share

Di Acara Tanwir Muhammadiyah, Jokowi Beberkan Alasannya Gencar Bangun Jalan Tol

Demon Fajri, Okezone · Jum'at 15 Februari 2019 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 15 340 2018359 di-acara-tanwir-muhammadiyah-jokowi-beberkan-alasannya-gencar-bangun-jalan-tol-Kxf1ZdFolR.JPG Presiden Jokowi (Foto: Demon Fajri)

BENGKULU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam 4,5 tahun terakhir kepemimpinannya konsentrasi dalam pembangunan infrastruktur. Sebab, selama 40 tahun Indonesia baru membangun 780 kilometer jalan tol.

Sementara China, sudah membangun 280 ribu jalan tol. Ia mengungkapkan, alasan terlalu lambannya dalam pembangunan jalan tol, karena terkendala dalam pembebasan lahan. Ditambah, banyaknya tanah-tanah yang berkaitan dengan instansi.

(Baca Juga: Jokowi Hadiri Sidang Ke-51 Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu)

Jokowi

Jokowi memberikan contoh, misalnya tol Samarinda–Balikpapan, itu ada dua penyebabnya di sana, lewat lahan konservasi, yang kedua lewat tanahnya kodam.

"Salah satu kendala pembangunan itu disebabkan pembebasan lahan," kata Jokowi, dalam sambutan pembukaan Tanwir Muhammadiyah di Balai Semarak, Rumah Dinas Gubernur Bengkulu, Jumat (15/2/2019).

Jokowi menambahkan, sejak 1978 saat jalan tol Jagorawi dibangun. Untuk itu, ia menggenjot pembangunan infrastruktur.

"Semua pada melihat (Tol Jagorawi), Malaysia melihat, Vietnam melihat, Thailand melihat, Filipina melihat, negara di dekat-dekat kita ini melihat semuanya karena sesuatu yang baru," ujar Jokowi.

(Baca Juga: Terbitkan Inpres, Jokowi Ingin Sepak Bola Indonesia Berprestasi hingga Internasional)

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini