Share

PM Jepang Nominasikan Trump untuk Terima Nobel Perdamaian Atas Permintaan AS

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 17 Februari 2019 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 17 18 2019113 pm-jepang-nominasikan-trump-untuk-terima-nobel-perdamaian-atas-permintaan-as-WjylIQ4mW4.jpg PM Jepang, Shinzo Abe. (Foto: Reuters)

TOKYO – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe telah menominasikan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk menjadi kandidat penerima Nobel Perdamaian pada musim semi lalu setelah menerima permintaan dari Pemerintah AS. Hal itu dilaporkan oleh surat kabar Jepang, Asahi pada Minggu.

Laporan Asahi itu muncul menyusul klaim dari Trump yang menyatakan bahwa PM Abe mencalonkan dirinya untuk menerima Nobel Perdamaian karena membuka pembicaraan dan menurunkan ketegangan dengan Korea Utara.

Reuters, Minggu (17/2/2019), melaporkan, dalam konferensi pers di Gedung Putih pada Jumat, Trump mengatakan bahwa PM Abe telah memberikan “salinan paling indah” dari surat setebal lima halaman nominasi dirinya untuk Nobel Perdamaian.

Mengutip sumber seorang pejabat pemerintah Jepang, Asahi melaporkan, Pemerintah AS telah menyuarakan kepada PM Abe tentang nominasi Hadiah Nobel Perdamaian setelah pertemuan tingkat tinggi (KTT) antara Trump dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un di Singapura pada Juni.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang di Tokyo mengatakan bahwa mereka telah mendengar komentar Trump mengenai pencalonannya, tetapi tidak mau berkomentar mengenai interaksi antara kedua pemimpin negara.

Sementara Gedung Putih belum memberikan komentarnya terkait laporan dari Asahi.

Laman resmi Yayasan Nobel mengatakan bahwa nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian dapat diajukan oleh siapa saja yang memenuhi kriteria nominasi, termasuk para kepala negara saat ini. Di bawah aturan yayasan, nama dan informasi lain tentang nominasi yang gagal tidak dapat diungkapkan selama 50 tahun.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini