nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagaimana Bisa Pohon Ganja Bisa Tumbuh Subur di Purwakarta?

Mulyana, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 18:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 18 525 2019730 bagaimana-bisa-pohon-ganja-bisa-tumbuh-subur-di-purwakarta-8LZtm5uZ12.jpg Penemuan ladang ganja

PURWAKARTA - Sejumlah pihak, termasuk petugas kepolisian di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, disinyalir kecolongan terkait adanya ladang ganja di Kecamatan Sukasari. Apalagi, lokasi penemuan ganja ini berada di lokasi yang sangat jarang dijamah oleh manusia.

Pascapenemuan ladang ganja di wilayah ujung Selatan Kabupaten Purwakarta tersebut, jajaran Polres setempat mulai mewanti-wanti. Apalagi, hasil dari pengembangan polisi dalam kasus penemuan ladang ganja itu menyimpulkan, jika suhu udara di dataran tinggi Purwakarta sangat cocok dijadikan kebun ganja.

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius menuturkan, saat ini jajarannya terus melakukan pengembangan pascapenemuan ladang ganja di Kecamatan Sukasari. Pihaknya pun mengakui tak mendeteksi sebelumnya, lantaran hasil dari penyelidikan jajarannya mengungkap jika modus dari para pelaku ini berpindah-pindah tempat.

Matrius menjelaskan, dari pengakuan pelaku, pohon ganja ini ditanam sejak Desember lalu. Bahkan, lima hari ke depan pohon ganja yang telah berdaun lebat ini akan dipanen.

"Polisi sudah mengamankan pelaku inisial S yang merupakan pemilik pohon ganja itu. S, beserta barang buktinya sudah dibawa ke Polresta Yogyakarta. Kami, di sini sedang melakukan pengembangan," ujar Matrius kepada Okezone, Senin (19/2/2019).

Adapun cara pelaku menanamnya, terang Martinus, yakni dengan cara ditanam di sebuah media Polybag. Jadi, pohon ganja ini tak langsung ditanam di tanah. Hal itu, untuk memudahkan mereka berpindah untuk menanam di tempat lain.

(Baca Juga: Polisi Temukan 1,5 Hektare Ladang Ganja Diduga Ditanam Mahasiswa)

"Jadi, modusnya itu berpindah tempat. Kalau di sini sudah panen, mereka cari lagi tempat lain untuk tanam," jelas dia.

Terkait pohon ganja yang telah diamankan, jumlahnya mencapai 1.300 batang yang disimpan dalam 650 polybag ukuran sedang. Kemudian, dari luasan lahan perhutani yang mencapai 1,5 hektare itu, hanya 300 meter persegi saja yang digunakan pelaku untuk menanam ganja.

(Baca Juga: Penanam Ganja 1,5 Hektare di Purwakarta Ditangkap)

"Lahan tersebut sudah disterilkan dari barang bukti. Kami terus melakukan pengembangan," jelas dia.

Matrius menambahkan, pihaknya telah menguatkan kordinasi dengan jajarannya di masing-masing Polsek. Terutama, mereka yang berada di wilayah perbukitan. Mengingat, hasil analisanya ternyata topografi dan suhu udara di wilayah ini sangat cocok untuk perkembangan pohon ganja. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pengawasan ekstra.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini