nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lutung Merah Langka Nyasar Bikin Heboh PNS di Perpustakaan Kobar

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2019 18:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 26 340 2023145 lutung-merah-langka-nyasar-bikin-heboh-pns-di-perpustakaan-kobar-WGGl2iWAEV.jpg Lutung Merah Langka (Foto: Sigit Dzakwan/Okezone)

KOTAWARINGIN BARAT – PNS di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kotawaringin Barat dibuat heboh oleh seekor monyet kelasi atau biasa disebut monyet (lutung) merah. Pasalnya, monyet tersebut termasuk jenis yang langka.

Primata yang dilindungi ini sudah mondar mandir di atap dan pohon sekitar kantor perpustakaan Kobar. “Ya tadi pagi itu sempat masuk ke gudang, kemudian keluar dan berada di parkiran sebelah kiri perpustakaan habis itu ke atap dan pohon,” ujar petugas jaga Perpustakaan, Sri Wahyuni, Selasa (26/2/2019).

 Baca juga: Lebah Terbesar di Dunia Ditemukan di Kepulauan Maluku

Dirinya menceritakan bahwa para PNS sempat ketakutan jika monyet langka tersebut mengamuk dan mencakarnya. Hal ini membuat Kepala Perpustakaan Kobar, Zaenah menghubungi petugas damkar sekitar untuk proses evakuasi.

 Evakuasi Lutung Merah (ist)

“Ya sempat takut kami. Meski kecil tapi kalau “hamuk” (mengamuk) kayak apa. Lucu sih warnanya merah tidak terlalu besar. Dan baru kali ini kali melihat monyet seperti itu,” ujar Sri.

Setiba Petugas Damkar Kobar datang pada pukul 14.00 WIB, sang monyet tampak berada di atas pohon depan kantor Perpustakaan. Namun, petugas Damkar pun tampak kewalahan dalam evakuasi monyet langka itu.

 Baca juga: Kura-Kura yang Dikira Punah Terlihat di Kepulauan Galapagos

“Kami bawakan pisang untuk memancing monyet turun, tapi tidak ada respons. Akhirnya petugas memanjat pohon. Eh malah monyet lompat dan masuk ke kantor Perpustakaan,” ujar Kasie Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bidang Damkar dan Satpol Kobar, Kaboel Suhartono.

Saat memasuk perkantoran, lanjutnya, sontak suasana menjadi kacau. Monyet tersebut langsung meloncat ke pohon yang lain setelah masuk ke dalam perkantoran.

“Kita kejar ke dalam perpustakaan dan monyet itu kabur lewat pintu belakang dan lompat ke pohon tinggi,” ujarnya.

 Baca juga: Warga Yogyakarta Temukan Bulus Raksasa Berumur 50 Tahun, Panjangnya 1 Meter!

Hingga sore ini monyet langka itu belum berhasil dievakuasi dan mulai menghilang melompat dari pohon ke pohon. “Diduga monyet ini ada yang memelihara dan lepas. Atau memang nyasar dari hutan ke kota. Kita juga sudah berkoordinasi dengan BKSDA SKW 2 Kalteng di Pangkalan Bun untuk evakuasi lanjutan,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini