nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nyawanya Terancam, Remaja Inggris Anggota ISIS Kabur dari Kamp Pengungsian di Suriah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 17:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 01 18 2024573 nyawanya-terancam-remaja-inggris-anggota-isis-kabur-dari-kamp-pengungsian-di-suriah-xM3ANsqVpW.jpg Shamima Begum dan putranya. (Foto: Reuters)

DAMASKUS - Shamima Begum, remaja Inggris yang bergabung dengan kelompok ISIS di Suriah pada 2015, dilaporkan telah meninggalkan kamp pengungsian tempatnya ditemukan bulan lalu. Perempuan asal Benthal Green, London itu diduga melarikan diri bersama bayinya karena keselamatannya terancam setelah adanya hadiah yang ditawarkan untuk nyawanya.

“Shamima terancam secara langsung di kamp. Dia hidup dalam ketakutan akan nyawanya. Ada hadiah untuk kepalanya. Dia merasa tidak punya pilihan selain pergi bersama anaknya untuk memiliki kesempatan bertahan hidup,” kata seorang sumber kepada The Sun sebagaimana dilansir Daily Mail, Jumat (1/3/2019).

BACA JUGA: Ingin Merawat Anak, Remaja yang Gabung ISIS Ingin Pulang ke Inggris

“Shamima telah menjadi semacam selebriti dan terus-menerus melihat dari merasa terancam, takut akan pembalasan brutal karena berani berbicara tentang kehidupan dengan ISIS.

"Dia menderita, tetapi hanya dirinya yang harus disalahkan," kata sumber tersebut.

Pada Februari, Shamima memohon kepada Pemerintah Inggris agar dia dapat pulang ke kampung halamannya untuk membesarkan putranya, Jerah. Namun, permintaannya itu menimbulkan perdebatan setelah Inggris mencabut kewarganegaraan Shamima.

BACA JUGA: Inggris Cabut Kewarganegaraan Remaja yang Bergabung dengan ISIS di Suriah

Shamima meninggalkan Inggris untuk bergabung dengan ISIS di Suriah pada 2015 saat dia berusia 15 tahun. Dia meninggalkan Inggris bersama dua remaja lain, Amira Abbas dan Kadiza Sultana. Kadiza diketahui telah tewas di Raqqa.

Di Suriah, Shamima diketahui menikah dengan anggota ISIS asal Belanda, Yago Riedijk.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini